Berita Bangka Tengah

Santri Pesantren Roudlotul Hidayah 'Sulap' Bambu Jadi Perabotan Rumah Tangga

Bambu terkenal dengan segudang manfaatnya, tumbuhan berbentuk memanjang ke atas dengan beberapa ruas ini sejak dulu

Bangkapos.com/Muhammad Rizki
Hasil kerajinan bambu dari santri pesantren Roudlotul Hidayah 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Bambu terkenal dengan segudang manfaatnya, tumbuhan berbentuk memanjang ke atas dengan beberapa ruas ini sejak dulu sudah dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan mulai dari pembuatan rakit hingga pondasi bangunan.

Namun di tangan-tangan kreatif santri-santri Pondok Pesantren (Ponpes) Roudlotul Hidayah yang terletak di Gang Selma, Desa Jeruk, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), bambu-bambu ini disulap menjadi berbagai perabotan rumah tangga, seperti cangkir dan vas bunga.

Berawal dari kreativitas satu diantara santri di ponpes tersebut yang berhasil membuat cangkir dari bambu dengan alat seadanya, membuat Pimpinan Ponpes Roudlotul Hidayah Hasib Syafi'ie melihat peluang bisnis disana.

"Awalnya itu anak-anak yang lagi libur sekolah membuat cangkir dari bambu, pas saya lihat ternyata hasilnya bagus, langsung saya lihat di youtube tata cara pembuatannya, dan disitu langsung saya beli peralatan untuk membuat kerajinan dari bambu,"  ungkap Hasib.

Saat percobaan pertama santri-santrinya bisa membuat 40 cangkir, dan kebetulan saat itu ada kegiatan alumni pesantren Syaikhona Kholil Bangkalan di Sungailiat, dibawalah hasil kerajinan santrinya tersebut, dan tak disangka-sangka ternyata banyak yang tertarik dengan hasil kreatifitas santrinya tersebut.

Bahkan banyak kerabat-kerabatnya yang berasal dari Madura meminta dirinya untuk mengirimkan cangkir bambu tersebut.

Melihat minat yang cukup baik, akhirnya ia bersama santrinya berinovasi untuk membuat kerajinan lain menggunakan bahan dasar kayu dan batok kelapa, sehingga terciptalah vas bunga yang cantik menggunakan bahan dasar kayu.

Lagi-lagi vas bunga cantik buatan para santrinya ini juga ternyata banyak diburu, dikarenakan saat produksi vas bunga tersebut berdekatan dengan hari raya Idulfitri 1441 Hijriah.

Saat ini pembeli kerajinan dari ponpes tersebut sudah tersebar seantero Pulau Bangka.

Bahkan menurutnya pejabat di Pemprov Bangka Belitung (Babel)pun sudah ada yang memesan cangkir bambu tersebut, seperti Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya yang memborong lebih dari satu cangkir buatannya.

Hasil kerajinan bambu dari santri pesantren Roudlotul Hidayah
Hasil kerajinan bambu dari santri pesantren Roudlotul Hidayah (Bangkapos.com/Muhammad Rizki)
Halaman
12
Penulis: Muhammad Rizki
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved