Berita Pangkalpinang

Pertengkaran Kakak Adik Tak Selalu Berdampak Negatif Justru Ada Dampak Positif, Ini Kata Psikolog

Siska Dwi Paramita mengatakan kakak adik yang bertengkar merupakan hal biasa dalam keseharian.

IST/Siska
Biro Psikologi Q-tha sekaligus Dosen Konseling Pendidikan Islam IAIN SAS Bangka Belitung, Siska Dwi Paramitha 

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Pertengaran antar saudara atau kaka adik sering kali terjadi, terutama jika rentang usia yang tidak jauh berbeda.

Psikolog sekaligus Dosen Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) IAIN SAS Bangka Belitung Siska Dwi Paramita mengatakan kakak adik yang bertengkar merupakan hal biasa dalam keseharian.

Ia mengungkapkan pertengkaran ini tidak selalu berdampak negatif, justru terdapat dampak positif.

"Pertengkaran dalam memperebutkan mainan menjadi hal yang biasa dan sebenarnya masalah ini terdapat dampak positif," ucapnya, Minggu (31/5/2020).

Diakuinya dari perilaku bertengkar tersebut kita dapat melihat perkembangan sosial anak, perkembangan emosi dan perilakunya, serta anak juga bisa belajar toleransi bahkan hingga belajar berbagai pemecahan masalah bukan belajar untuk saling membenci.

"Hal ini akan terbentuk jika anak diarahkan dan diperlakukan secara adil,'' ujarnya

Dijelaskan Siska, adil yang dimaksudkan ini yaitu tidak adanya pembelaan antar keduanya yang mana orangtua harus membantu dalam pemecahan masalah bukan justru membantu dalam melakukan pembelaan.

"Terkadang tanpa sadar orangtua lebih menuntut anak yang lebih tua untuk mengalah dan meminta maaf lebih dulu, padahal belum tentu anak yg lebih tua melakukan kesalahan. oleh sebab itu jika memberikan hukuman maka keduanya harus diperlakukan dengan sama agar tidak memunculkan rasa kesal antara satu dengan lain," saran Siska

Sebagai orangtua sebaiknya menyadari bahwa membedakan perlakuan terhadap anak akan memunculkan pertengkaran dan perselisihan terus menerus terjadi diantara anak.

"Jika memang adik yang salah maka adik wajib meminta maaf dengan kakak dan pemberian hukuman juga tidak selalu dengan kekerasan fisik tapi kakak adik bisa diberi hukuman dengan membersihkan tempat tidur bersama, atau hal² lainnya yang justru membuat hubungan kakak adik semakin kompak," tuturnya.

(Bangkapos.com/Sela Agustika)

Penulis: Sela Agustika
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved