Berita Pangkalpinang

272 Calhaj Kota Pangkalpinang Tertunda Menunaikan Ibadah Haji Akibat Pandemi Covid-19

Sebanyak 272 calon jemaah haji asal Kota Pangkalpinang tertunda melaksanakan ibadah haji karena kondisi darurat pandemi Covid-19.

Bangkapos.com / irakurniati
Kepala Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, Abdul Rohim 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sebanyak 272 calon jemaah haji asal Kota Pangkalpinang tertunda melaksanakan ibadah haji karena kondisi darurat pandemi Covid-19 yang mewabah secara global.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, Abdul Rohim mengatakan, pemerintah pusat telah mengeluarkan Keputusan Menteri Agama nomor 492 tahun 2020 tentang pembatalan keberangkatan pelaksanaan haji 1441 hijriah.

Keputusan pemerintah pusat, menurut dia memang berat disampaikan kepada calon jemaah haji, terlebih kebanyakan dari mereka sudah berusia diatas 50 tahun dan tentu mengharapkan kesempatan ini.

Pihaknya pun sudah menyampaikan keputusan ini melalui grup whatsapp calon jemaah haji tahun 2020.

"Kami tahu dengan keputusan ini tentu ada yang berat dan kecewa, namun putusan pemerintah pusat ini dikeluarkan untuk memberikan jaminan keselamatan dan keamanan bagi masyarakat karena ini bagian dari istitoah," ujar Abdul Rohim, Selasa (2/6/2020).

Rohim menuturkan, sejak 29 Mei 2020 lalu pun ratusan calon jemaah haji inj sudah melunasi pembayaran biaya.

Bahkan untuk persiapan seperti seragam dan cindermata sudah matang dikerjakan.

Termasuk melakukan manasik haji secara mandiri sudah dilakukan calon jemaah haji sebanyak 10 kali.

Namun, ancaman pandemi corona yang membahayakan keselamatan manusia membuat pemerintah memutuskan untuk penundaan keberangkatan haji.

"Untuk persiapan kamk sudah matang, tinggal pelaksanaan saja. Namun beberapa bulan belakangan merebaknya wabah ini kami sudah mulai menyampaikan kemungkinan-kemungkinan baik pembatalan, penundaan ataupun hal-hal diluar kehendak kita kepada calon jemaah haji," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Ira Kurniati
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved