Breaking News:

Berita Bangka Selatan

Perjalanan Haji Dibatalkan, Calon Jemaah Haji Bangka Selatan Boleh Menarik Kembali Penyetoran

batalnya pemberangkatan Calon Jemaah Haji asal Indonesia pada tahun 1441 H/2020 M, pemerintah membolehkan calon jemaah untuk menarik pelunasan

Dokumentasi Bangka Pos
Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bangka Selatan, Jamaludin 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Terkait dengan batalnya pemberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) asal Indonesia pada tahun 1441 H/2020 M, pemerintah membolehkan calon jemaah untuk menarik pelunasannya.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bangka Selatan, Jamaludin menyatakan sesuai dengan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 494 Tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441 H/2020 M, maka CJH yang bersangkutan dapat mengambil kembali pelunasannya jika memang memerlukannya.

"Jika memang ada calon jemaah kita yang ingin menarik kembali pelunasannya maka kami tidak dapat menolak ataupun menahannya," ujar Jamaludin.

Kendati demikian Jamaludin menyatakan meskipun seorang CJH menarik kembali pelunasan hajinya, CJH yang mangalami pembatalan keberangkatan akan tetap diberangkatkan di tahun mendatang dengan kembali melakukan pelunasan biaya haji.

"Jika memang ada calon jemaah yang hendak mengambil, kami minta untuk melengkapi persyaratan sebagai pengajuan permohonan disertai dengan kelengkapan dokumen seperti KTP, bukti penyetoran dan nomer telepon,"jelasnya.

Namun jika CJH tidak mau menarik kembali penyetoran haji, maka setorannya akan disimpan untuk keberangkatan tahun mendatang di tahun 1441 H/2021 M.

119 Calon Jemaah Haji Asal Bangka Selatan Batal Berangkat

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bangka Selatan Jamaludin membenarkan adanya pembatalan terhadap pemberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) di Indonesia pada tahun 1441 H/tahun 2020.

Ditemui pada Selasa, (2/6/2020) Jamaludian menyebutkan pembatalan keberangkatan ini sesuai dengan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 494 Tahun 2020 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441 H/2020 M.

"Sesuai dengan telekonferensi sekaligus keputusan ini, Calon Jemaah Haji (CJH) terpaksa batal diberangkatkan ke Saudi," ujar Jamaludin.

Halaman
1234
Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved