Berita Pangkalpinang

Bangka Belitung Alami Perlambatan Ekonomi, Ini Sektor Paling Terdampak Wabah Covid-19

Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analsis Statistik BPS Babel, Oktarizal mengakui Bangka Belitung mengalami perlambatan perekonomian.

bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analsis Statistik Badan Pusat Statistik Bangka Belitung, Oktarizal. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analsis Statistik Badan Pusat Statistik Bangka Belitung, Oktarizal mengakui Bangka Belitung mengalami perlambatan perekonomian karena dampak Covid-19.

"BPS pada bulan Mei telah merilis angka pertumbuhan ekonomi Babel pada triwulan I 2020 sebesar 1,35 persen (y on y) dan -3,66 persen (q to q)," ujar Oktarizal saat dihubungi bangkapos.com, Rabu (3/6/2020).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan secara y on y pertumbuhan ekonomi Babel mengalami perlambatan dan secara q to q pertumbuhan ekonomi Babel mengalami kontraksi.

Dampak covid-19 mulai dirasakan di Babel pada bulan Maret 2020.

"Sektor-sektor yang terdampak seperti perhotelan banyak yang berhenti beroperasi, angkutan udara mengalami penurunan aktivitas bahkan dibatasi, penyediaan makan mimum juga mengalami penurunan omset, sektor pariwisata juga terdampak dengan menurunnya jumlah wisatawan dan penutupan tempat-tempat wisata," jelas Oktarizal.

Selain itu, produksi timah juga mengalami penurunan karena banyak pabrik-pabrik yang menggunakan bahan baku timah di luar negeri terdampak Covid-19 dan tutup sementara.

Hal ini sehingga menyebabkan menurunnya permintaan global dan turunnya harga logam timah.

Aktivitas pertambangan bijih timah juga mengalami penurunan karena menurunnya produksi logam timah

"Jasa perusahaan juga mengalami penurunan seperti penurunan omset rental kendaraan dan aktivitas perusahaan lainnya," kata Oktarizal.

Angkutan darat juga mengalami penurunan karena sepinya jumlah penumpang dimana masyarakat lebih banyak memilih stay at home.

Serta Industri oleh-oleh tentunya ikut terdampak karena menurunnya jumlah kunjungan wisatawan. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved