Virus Corona di Bangka Belitung

Pahami! Hasil Rapid Test Reaktif Belum Tentu Positif Covid-19, Perlu Tes Swab

Ia mengatakan bukan berarti bila pasien reaktif sudah pasti terinfeksi dan sebaliknya bila non reaktif bukan berarti pasien bebas dari potensi infeksi

Bangkapos.com/Ramandha
Ilustrasi Rapid Test 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Umum Daerah Depati Hamzah Pangkalpinang, dr Adi Rosadi mengungkapkan hasil rapid test Covid-19 yang menunjukan reaktif belum tentu mengindikasikan seseorang positif atau terinfeksi Covid-19.

"Tetapi harus ditindaklanjuti dengan tes swab menggunakan PCR (Polymerase Chain Reaction) untuk memastikan diagnosis hal tersebut" kata Adi kepada Bangkapos.com, Rabu (3/6/2020).

Selain itu, seseorang yang dinyatakan reaktif harus tetap menjalankan isolasi atau karantina selama 14 hari.

Dokter Spesialis Patologi Klinik Laboratorium RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang, dr Suryarini Trisa Sp.PK menjelaskan bahwa istilah reaktif dan non reaktif digunakan pada pemeriksaan rapid test karena prinsip pemeriksaan ini melihat reaksi yang ditimbulkan antara antigen dan antibodi.

"Antigen pada kaset rapid test akan menimbulkan reaksi bila bertemu dengan antibodi dalam spesimen darah yang diteteskan pada kaset dan reaksi tersebut dapat dilihat dari warna pita yang muncul,"sebut dr Suryarini.

Lebih lanjut, ia mengatakan bukan berarti bila pasien reaktif sudah pasti terinfeksi dan sebaliknya bila non reaktif bukan berarti pasien bebas dari kemungkinan infeksi.

"Sehingga pemeriksaan ini perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan lanjutan untuk memastikan kemungkinan infeksi,"tegasnya.

Satu di antara Orang Dalam Pemantauan (ODP) berinisial D (26) beberapa waktu lalu dinyatakan reaktif, mengaku resah dan panik.

Pasalnya ia tak pernah merasa pernah kontak langsung dengan pasien Covid-19 atau memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah.

"Sebelum rapid test memang saya kurang tidur dan perjalanan jauh yang masih di kawasan Bangka, bingung juga kenapa bisa reaktif kemarin,"ujar D.

Setelah itu, ia melakukan tes swab dan karantina. Hasilnya pun dinyatakan negatif. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved