Breaking News:

Virus Corona

Penjelasa Psikolog, Kepribadian Introvert Lebih Mudah Adaptasi Selama Physical Distancing

Dia mengungkapkan banyak temuan di lapangan orang dengan tipe kepribadian introvert sangat mudah beradaptasi selama physical distancing.

Istimewa/doc. Wahyu
Dosen prodi psikologi IAIN SAS Babel, Wahyu Kurniawan 

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Di tengah pandemi saat ini, sebagian orang di dunia memilih untuk berada di rumah menjalani physical distancing sebagai upaya mengurangi penyebaran virus corona.

Namun selama masa physical distancing ini direspons berbeda-beda setiap orangnya.

Sebagian ada yang merasa gelisah, dan sebagian lain justru ada yang menikmati.

Dosen prodi psikologi IAIN SAS Babel, Wahyu kurniawan mengatakan pada dasarnya tipe kepribadian dan cara pembentukan diri setiap orang berbeda-beda.

Dia mengungkapkan banyak temuan di lapangan orang dengan tipe kepribadian introvert sangat mudah beradaptasi selama psyaical distancing.

Hal ini dikarenakan tipe introvert sudah terbiasa dengan keadaan ini.

Secara alami mereka lebih siap menjalani masa physical distancing.

"Orang dengan tipe introvert ini mampu bertahan lama pada kondisi sendiri dan sudah terbiasa untuk melakukan hal hal secara sendiri dan tidak ada maslah dengan orang orang banyak," ungkap Wahyu.

"Tipe introver juga cenderung jarang terbuka, menutup diri, pendiam dan tidak luas secara sosial," tambahnya, Rabu (3/6/2020).

Sementara disisi lain, ada tipe ekstrovert yang memiliki karakter bertolak belakang dengan tipe ekstrovert.

Dia menyampaikan tipe ekstrovert ini lebih banyak berbicara, antusias, senang bergaul dan menyukai hal-hal di luar.

"Tipe ini tentunya bertolak belakang dengan introver sehingga orang dengan kepribadian ekstrovert ini agak sulit untuk beradaptasi selama physical distancing karena mereka harus menyesuaikan diri dari kebiasaan yang senelumnya dijalani," ucap Wahyu

Diakui Wahyu, tidak ada yang tau mengenai ukuran kepribadian mana yang lebih bahagia selama menjalani physical distancing.

"Namun jika dilihat kondisi pandemi ini orang dengan tipe introvert lebih di untungkan karena sudah terbiasa sendiri melakukan hal hal tertentu, sehingga lebih mudah untuk beradaptasi selama physical distancing," tuturnya. (Bangkapos.com/Sela Agustika)

Penulis: Sela Agustika
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved