Virus Corona di Bangka Belitung

Penularan Transmisi Lokal, Tim Covid-19 Lacak Epidimiologi Empat Kasus Positif di Pangkalpinang

Penambahan empat orang terinfeksi virus corona yakni IR (35), HR (38), AK (34) dan RD (33). Penyebaran virus ini dinilai sudah melalui transmisi lokal

bangkapos.com/Ira Kurniati
Kepala Dinkes PPKB Pangkalpinang, dr Masagus Hakim 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Tim Gugus Tugas Covid-19 Pangkalpinang langsung melakukan penelusuran terhadap orang yang kontak dengan keempat pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang diumumkan pada Rabu (3/6/2020).

Wakil Ketua Gugus Tugas Covid-19 Pangkalpinang, dr Masagus Hakim, mengatakan penambahan empat orang terinfeksi virus corona yakni IR (35), HR (38), AK (34) dan RD (33).

Penyebaran virus ini, menurut dr Hakim sudah melalui penularan transmisi lokal.

HR merupakan orang tanpa gejala yang ditularkan dari kluster IB, sedangkan tiga orang lainnya didapatkan dari hasil screening di Labkesda Bangka Belitung dan RSBT Pangkalpinang. Pihaknya juga akan melakukan penyelidikan epidemiologi kasus tersebut.

"Sudah menyebar melalui transmisi lokal. Kami tracing orang-orang yang kontak dengan mereka. Tiga orang hasil screening itu baru kami dapat hasil swabnya dari gugus tugas provinsi, jadi baru kami selidiki identitasnya," kata dr Hakim.

Selain melakukan pelacakan kontak terhadap pasien, tim gugus tugas langsung melakukan penyemprotan di kediaman keempat orang tersebut.

Hakim menambahkan, dengan meluasnya penularan transmisi lokal ini, diharapkan masyarakat semakin meningkatkan proteksi diri dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah.

"Tingkatkan kewaspadaan, pakai masker kalau bepergian. Patuhi protokol Covid-19 yang telah diarahkan," tutur Hakim.

Pangkalpinang Bertambah Empat Kasus Positif Covid-19

Sebelumnya diberitakan, terjadi penambahan empat kasus terkonfirmasi positif corona di Pangkalpinang, Rabu (3/6/2020).

Halaman
123
Penulis: Ira Kurniati
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved