Berita Pangkalpinang

Peransaka Nasional Bakal Usung Konsep Smart Event di Bangka Belitung

Dipilih lah Smart Event Peransakanas berjalan dengan penuh kenangan dan menjadikan Babel sebagai tempat pilihan para peserta perkemahan...

Istimewa/ Dok. Kwarda Babel
Rapat virtual Kwarda Babel pada Selasa (2/6/2020) kemarin. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka Tingkat Nasional (Peransakanas) yang rencananya dilaksanakan tahun ini di Bangka Belitung, terpaksa ditunda karena dampak covid-19.

Ketua Kwarda Babel, Melati Erzaldi, menindaklanjuti rapat virtual bersama Kwartir Nasional, memutuskan menunda kegiatan ini hingga tahun 2021.

Namun agar event nasional ini dapat berjalan maksimal dan berkesan, Melati menyebut mesti memutar otak untuk memikirkan kegiatan alternatifnya.

Dipilih lah Smart Event Peransakanas berjalan dengan penuh kenangan dan menjadikan Babel sebagai tempat pilihan para peserta perkemahan untuk liburan atau wisata.

"Setelah rakor, kami akan perkuat rapat internal berkelanjutan dan koordinasi. Serta panitia besar melibatkan OPD (organisasi perangkat daerah) dan panitia kecil internal kwarda," kata Melati Erzaldi, Rabu (3/6/2020).

Dia menuturkan, gelaran ini diperkirakan jumlah peserta tak sebanyak sebelum ada wabah Covid-19.

Rencananya peserta yang bakal berpartisipasi tercatat hampir 8000 ribu peserta dengan masing-masing provinsi mengirimkan 20 orang pada masing-masing Saka.

"Melihat situasi Covid-19 ini dan kondisi ekonomi kemungkinan daerah Kwarda lain akan mengurangi jumlah peserta sesuai anggaran yang dipersiapkan," ujarnya.

Dia menambahkan, saat ini Peransakanas masih dalam progres persiapan dan akan dilaksanakan pada akhir tahun 2021. Kemungkinan perhelatannya pada bulan Oktober 2021, dengan menyesuaikan agenda Jambore Nasional.

"Meski ini masih tentatif dan melihat situasi kondisi perkembangan Covid-19, saya meminta pengurus Kwarda untuk persiapan sarana dan prasarana di bumi perkemahan yang akan menjadi main camp Peransakanas," kata Melati.

Halaman
12
Penulis: Ira Kurniati
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved