Virus Corona

PANDUAN Shalat Jumat Saat Pandemi, Memilih Antara Dua Fatwa MUI Soal Salat Jumat Dua Gelombang

Dirjen Bina Masyarakat Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin menilai perbedaan fatwa MUI Pusat dan MUI DKI Jakarta mengenai pelaksanaan salat Jumat

WARTAKOTA/Angga Bhagya Nugraha
Ilustrasi: Sejumlah pekerja pembangunan renovasi, tengah melaksanakan salat dzuhur dengan mematuhi protokol kesehatan di Mesjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (2/6/2020). Renovasi pembangunan Mesjid Istiqlal sudah mencapai 90 persen dan bersiap untuk pelaksanaan ibadah di era kenormalan baru. Pengurus Masjid Istiqlal tengah mempersiapkan protokol kesehatan jika masjid kembali dibuka untuk umum saat kenormalan baru diberlakukan. (Warta Kota/Angya Bhagya Nugraha) 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA

Dirjen Bina Masyarakat Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin menilai perbedaan fatwa MUI Pusat dan MUI DKI Jakarta mengenai pelaksanaan salat Jumat dua gelombang tidak akan membuat bingung masyarakat.

Kamaruddin menyebut kedua fatwa tersebut justru menjadi pilihan bagi masyarakat dalam menjalankan ibadah di situasi pandemi corona.

 "Kalau begitu menurut saya ini justru tidak membingungkan umat.

Ini jadi pilihan pilihan, alternatif begitu," ujar Kamaruddin kepada Tribunnews.com, Rabu (3/6/2020).

Menurut Kamaruddin kedua Fatwa tersebut memiliki dasar masing-masing berdasarkan pertimbangan ulama. Sehingga masyarakat bisa memilih sesuai kebutuhan.

Kamaruddin mengatakan masyarakat bisa mengikuti fatwa MUI Pusat dengan memanfaatkan tempat lain untuk menjalankan salat Jumat dalam satu gelombang saja.

"Mungkin kalau bisa misalnya mengikuti sarannya MUI Pusat kalau bisa diusahakan satu gelombang.

Lalu memaksimalkan musala-musala atau tempat lain agar tetap dilaksanakan sekali," ucap Kamaruddin.

Namun, masyarakat juga bisa mengikuti fatwa MUI DKI Jakarta yang melaksanakan salat Jumat dua gelombang karena tempat pelaksanaan tidak memadai akibat banyaknya jemaah.

Halaman
123
Penulis: tidakada004
Editor: teddymalaka
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved