Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Sambut New Normal, Warga Kampung Opas Semprotkan Disinfektan 500 Rumah Warga Sekitar

Selain kesadaran mematuhi protokol kesehatan dalam rangka berpartisipasi untuk upaya pemerintah di Bangka Belitung menerapkan tahapan new normal

(Ist/Jumli)
Penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga di seputaran jalan Depati Barin, Jln. Timah I (arah Kantor Telkom), Jln. Timah II (P.O.T), dan Bukit Tebuk Kampung Opas Indah RW.02 RT.06, 07, dan sebagian RT. 08 serta ke gang-gang, Sabtu (6/6/2020). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Warga di sekitaran jalan Depati Barin Kampung Opas Indah, Kelurahan Opas Indah, Pangkalpinang Sabtu, (6/6/2020) melakukan penyemprotan disinfekta ke 500 rumah warga dan fasilitas umum di sekitar wilayahnya.

Upaya ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona yang mewabah termasuk di Bangka Belitung. 

Membantu pemerintah untuk berpartisipasi menjaga disekitaran lingkungan wilayah masing-masing.

Apalagi saat ini pemerintah terkait tengah berupaya untuk melakukan tahapan menuju era kenormalan baru atau new normal.

Selain mematuhi protokol kesehatan maka perlu juga kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan diwilayah masing-masing dari penyebaran covid-19 saat ini.

Diketahui saat ini sudah ada cluster baru dari transmisi lokal covid-19 yang kian hari kian bertambah.

Kegiatan ini diinisiasi oleh warga ini didampingi oleh Pemerhati Kebijakan Publik sekaligus Ketua Lembaga Partisipasi Pengawas dan Pemerhati Pelayanan Publik Bangka Belitung (LP5 Babel), Jumli Jamaluddin.

"Kegiatan ini kembali dilakukan setelah sebelumnya dilakukan beberapa kali selama pandemi covid-19 sebelum bulan puasa Ramadhan yang lalu,"ujar Jumli kepada bangkapos.com, Sabtu (6/6/2020).

Ia berharap kegiatan ini agar kembali dapat sebagai partisipasi untuk memotivasi masyarakat tetap terus bersemangat sebagai bagian dari upaya pencegahan atau antisipasi penyebaran covid-19.

Selain kesadaran mematuhi protokol kesehatan dalam rangka berpartisipasi untuk upaya pemerintah di Bangka Belitung menerapkan tahapan new normal.

"Untuk bahan cairan disinfektan, diracik dan dibuat secara swadaya oleh warga masyarakat Opas indah itu sendiri dengan menggunakan dana swadaya warga masyarakat setempat," jelas Jumli.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat disinfektan ini adalah seperti campuran karbol, cairan pemutih, alkohol, sabun cair dan air sesuai standar yang disarankan pemerintah yang dibuat sendiri.

Meskipun dilakukan secara sederhana namun tetap mengikuti protokol kesehatan.

Serta yang menjadi sasaran penyemprotan adalah rumah warga seperti teras, pintu, jendela, pagar, dan tempat-tempat yang menjadi interaksi warga disekitaran wilayah jalan Depati Barin, di sekitaran wilayah P. O. T, termasuk sampai wilayah gang-gang, di Kampung Opas jalan Depati Barin dan jalan Timah POT dan jalan Telkom di Kampung Opas.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved