TIPS Modifikasi Kopling Motor Agar Nyaman Berkendara dan Terbebas dari Pegal

Kopling manual didesain agar penyaluran tenaga dari poros kruk as ke transmisi lebih spontan tanpa jeda atau selip berlebihan.

Aant/otomotifnet.com
Kopling Rekluse, bikin tangan kiri bebas pegal, banyak diaplikasi di motor trail 

BANGKAPOS.COM - Kopling manual didesain agar penyaluran tenaga dari poros kruk as ke transmisi lebih spontan tanpa jeda atau selip berlebihan.

Namun punya kekurangan, jari tangan kiri harus menarik handel saat pindah gigi atau ketika jalan merayap agar mesin tidak mati.

Pada kondisi tertentu, misal di kemacetan panjang atau khususnya saat adventure off-road bisa membuat pengendara lekas lelah. Solusinya?

Salah satu cara terbaik modifikasi koplingnya jadi otomatis, bisa kah?

Untuk motor tertentu bisa dan sangat mudah dengan aplikasi produk keluaran Rekluse asal Amerika.

Teknologi kopling otomatis Rekluse ini dinamakan EXP Technology, yang secara prinsip kerja sangat sederhana, yaitu menggunakan gaya sentrifugal layaknya kopling bebek.

Bedanya, jika di motor bebek kopling sentrifugalnya berdiri sendiri berada satu poros dengan kruk as, buatan Rekluse ini sistemnya langsung tertanam bareng di rumah koplingnya, komponen utamanya yaitu EXP Disk.

Cara kerjanya ketika putaran mesin meningkat, maka otomatis pemberat di bagian dalam EXP Disk akan terlempar keluar sehingga menjadikannya melebar.

Kinerja kopling Rekluse kunciannya di EXP Technology ini
Kinerja kopling Rekluse kunciannya di EXP Technology ini (Aant/otomotifnet.com)

Maka otomatis rangkaian kampas dan pelat koplingnya jadi saling terjepit, otomatis tenaga jadi tersalur ke transmisi.

“Dan ketika stasioner, EXP Disk belum melebar, sehingga kampas dan pelatnya bebas maka tenaga belum tersalur dan mesin jadi enggak mati walaupun enggak dikopling,” terang Asep Supriyadi, mekanik MT Motor yang sering pasang produk Rekluse ke motor pelanggannya yang mayoritas motor trail adventure.

Halaman
12
Penulis: tidakada005
Editor: ediyusmanto
Sumber: Otomotif Net
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved