Breaking News:

WIKI BANGKA

Tips Bisnis Tetap Berjalan Lancar di Tengah Pandemi Virus Corona

Covid -19 menjadi ancaman global bagi hampir seluruh pelaku usaha. Dampaknya sangat terasa pada sektor bisnis dan industri baik barang maupun jasa.

Istimewa
Ilustrasi bisnis 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Covid -19 menjadi ancaman global bagi hampir seluruh pelaku usaha. Dampaknya sangat terasa pada sektor bisnis dan industri baik barang maupun jasa.

Namun tidak  semua bisnis mengalami pertumbuhan negatif, ada pula yang mendapatkan pertumbuhan positif, seperti industri kesehatan, telekomunikasi dan industri penyedia pangan bagi masyarakat. 

Yang harus dicermati saat ini adalah bagaimana pelaku bisnis harus merespon situasi di tengah pandemi,

Strategi apa yang harus dilakukan oleh pelaku usaha untuk mempertahankan bisnisnya agar tetap tumbuh positif?

Pengamat Ekonomi dosen Fakultas Ekonomi UBB serta Wakil Ketua ISEI Bangka Belitung, Devi Valeriani, mengatakan, bisnis yang masih memberi peluang untuk tumbuh saat ini adalah bisnis terkait dengan perlengkapan kesehatan untuk menjaga diri dari virus corona.

"Seperti alat-alat kesehatan, pelindung diri (konveksi masker, hand soap, hand sanitizer) kebugaran, kebersihan, pertanian dan perikanan. Karena ke depan masyarakat sangat membutuhkan produk-produk tersebut dalam pemenuhan diri dan keluarganya agar tetap terlindungi dari virus corona," jelas Devi kepada Bangkapos.com, Rabu (10/06/2020)

Menurutnya, pelaku usaha harus cepat dan tepat melakukan recovery atau pemulihan usahanya dan segera beradaptasi di The New Normal.

"Kejadian bencana pandemic covid 19 dapat dijadikan perencanaan untuk bisnis kedepannya, sehingga pelaku usaha dapat mengantisipasi segala kemungknan yang akan terjadi. Terutama tetap waspada dan melakukan saving bagi usahanya," sebutnya

Dia mengatakan, kumpulkan semangat yang tinggi dalam berbisnis di era Covid-19 dan yakinkan kita mampu memenangkan persaingan.

"Hanya saja perlu upaya yang optimal serta turunkan sedikit target profit yang diharapkan. Strategi tersebut tidak hanya diperlukan pada era covid, namun berlanjut di The New Normal. Semangat berbisnis di tengah Covid 19," ungkap Devi.

Halaman
12
Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved