Breaking News:

New Normal di Bangka Belitung

Warga Mulai Beraktivitas di Luar Rumah Jelang New Normal, Psikolog: Protokol Cenderung Diabaikan

"... Sayangnya, protokol kesehatan cenderung diabaikan," ujar Siska saat dihubungi bangkapos.com, Kamis (11/6/2020).

IST/Siska
Biro Psikologi Q-tha sekaligus Dosen Konseling Pendidikan Islam IAIN SAS Bangka Belitung, Siska Dwi Paramitha 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sekitar 3 bulan menjaga diri, kemudian euforia masyarakat keluar rumah begitu masif, seperti ke pantai, nongkrong di kafe dan sebagainya.

Psikolog sekaligus Dosen Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) IAIN SAS Bangka Belitung, Siska Dwi Paramita memberikan tanggapan menghadapi suasana saat ini.

Dia mengakui memang sudah banyak aktivitas warga yang dilakukan di luar rumah.

"Apalagi para pekerja juga sudah kembali ke kantor. Pantai sudah mulai ramai dan tempat-tempat makan juga sudah terlihat muda mudi yang berkumpul. Sayangnya, protokol kesehatan cenderung diabaikan," ujar Siska saat dihubungi bangkapos.com, Kamis (11/6/2020).

Lebih lanjut, ia menyebutkan tidak dimungkiri selama 3 bulan semua aktivitas harus dari rumah dan semua terbatas, rasa jenuh itu pasti ada.

Tetapi saat peraturan sedikit dilonggarkan bukan berarti harus mengabaikan protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran covid-19.

"Karena hingga saat ini Indonesia masih berjuang dalam menangani masalah ini, termasuk bangka yang semakin hari semakin meningkat jumlah kasus yang positif," kata Siska.

Secara psikologis, kesadaran diri akan menjaga kesehatan dalam pemutusan rantai penyebaran sudah mulai berkurang.

"Tapi bila seolah-olah masyarakat lupa dengan adanya virus ini. Berbahagia dan menikmati hidup memang sangat dianjurkan, artinya bisa bertemu dengan teman kembali, beraktifitas seperti biasa di luar rumah namun tetap harus diingat jangan abaikan kebersihan diri kita," tutur Siska.

Secara perlahan memang akhirnya masyarakat akan berdampingan dengan virus ini, karena kehidupan akan terus berjalan.

Tetapi akan sangat penting jika masyarakat harus tetap mawas diri untuk tetap selalu menjaga diri dan sehat secara fisik maupun mental. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved