Ini Waktu Ideal Memanaskan Mesin Sepeda Motor

Memanaskan mesin kendaraan bermotor merupakan salah satu upaya untuk menjaga kondisi sepeda motor tetap prima sebelum digunakan kembali.

Otomania/Setyo Adi
Test ride Honda CMX500 Rebel. 

BANGKAPOS.COM - Memanaskan mesin kendaraan bermotor merupakan salah satu upaya untuk menjaga kondisi sepeda motor tetap prima sebelum digunakan kembali.

Terlebih, jika motor sudah lama tidak digunakan selama pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada beberapa bulan belakangan guna menekan penyebaran virus corona alias Covid-19.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno menjelaskan, memanaskan mesin motor dilakukan supaya oli dapat bersirkulasi dengan baik pada putaran mesin stasioner.

Dengan demikian saat digunakan, tidak ada gejala 'brebet'.

"Meskipun motor sudah lebih pintar (injeksi), sebaiknya tetap dilakukan. Sekiranya satu menit saja, biarkan stasioner. Tidak perlu digeber-geber," katanya kepada Kompas.com, Senin (8/6/2020).

Menurut dia, ritual tersebut membuat sirkulasi oli pada motor kembali baik dan membuat suhu mesin menjadi hangat sehingga siap untuk melakukan perjalanan (running).

Kepala Mekanik AHASS Cahaya Sakti Motor Sragen, Jawa Tengah (Jateng) Joko Purnomo menambahkan, saat melakukan pemanasan mesin baiknya pemilik juga fungsikan fitur-fitur yang ada seperti lampu dan klakson motor.

"Lalu saat akan menghidupkan motor untuk pertama kali, yaitu pagi hari, gunakan juga kick starter jangan langsung menggunakan starter elektrik. Ini untuk meminimalisir kick starter jadi keras," ujar dia.

"Kemudian jangan nyalakan motor ketika lampu MIL pada panel speedometer masih menyala. Lampu itu berfungsi untuk mendeteksi ada tidaknya kerusakan di motor. Kalau lampu sudah mati, berarti semuanya normal, baru dihidupkan mesinnya," kata Joko. (Kompas.com/Ruly Kurniawan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Waktu Ideal Memanaskan Mesin Motor Sebelum Mulai Beraktivitas

Editor: suhendri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved