Breaking News:

CERITA Unik TNI AU Dapat Jet Tempur 'Bekas' Israel hingga Pakai Kepala Kerbau Sebagai Syarat

ndonesia melalui TNI AU pernah punya cerita unik yang terjadi pada 1980-an, mengenai puluhan jet tempur dikirim dari Israel secara rahasia.

Penulis: tidakada002 | Editor: Edi Yusmanto
Ade Sulaeman
Deretan jet tempur A-4 TNI AU 

BANGKAPOS.COM - Indonesia melalui TNI AU pernah punya cerita unik yang terjadi pada 1980-an, mengenai puluhan jet tempur dikirim dari Israel secara rahasia.

Personel Komando Pemeliharaan Materiil TNI AU (Koharmatau), khususnya Depo Pemeliharaan (Depohar) 30 yang bermarkas di Malang, Jawa Timur, menjalankan program untuk meningkatkan kemampuan teknologi (refurbhising) jet-jet tempur A-4 Skyhwak.

Angkatan militer Indonesia semakin kuat dengan armada-armada baru. Apalagi di saat Indonesia sudah mampu membuat persenjatan dan kendaraan militer mumpuni.

Melalui PT Pindad, Indonesia semakin kuat dan disegani. Bahkan, beberapa pasukan militer asing ada pula yang mempercayakan pembelian senjata ke Indonesia.

Namun, Indonesia pernah bergantung pada armada militer hibah negara lain. Bahkan tak jarang membeli secara 'seken'.

Kisah unik pernah dirasakan para teknisi TNI AU (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara), saat Indonesia mendapat peswat tempur yang diterima dari Israel.

Pada 1980-an personel Komando Pemeliharaan Materiil TNI AU (Koharmatau) khususnya Depo Pemeliharaan (Depohar) 30 yang bermarkas di Malang, Jawa Timur, menjalankan program untuk meningkatkan kemampuan teknologi (refurbhising) jet-jet tempur A-4 Skyhwak.

 

Puluhan jet tempur yang dikirim dari Israel secara rahasia dan aslinya merupakan produksi AS itu, ketika tiba di Indonesia sejumlah komponennya ternyata sudah banyak dimodifikasi oleh Israel.

Akibat modifikasi yang dilakukan Israel, ada sejumlah komponen yang tidak tertera dalam buku panduan A-4 yang tebalnya ribuan halaman.

Ketika berupaya melakukan refurbishing, para teknisi Depohar 30 harus memutar otak dan mengerahkan semua kemampuan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved