Breaking News:

Berita Sungailiat

Gelombang Besar, Tangkapan Ikan Nelayan Sungailiat Sedikit

Ditambahkannya, meskipun ikan pancingan hanya dapat sedikit, namun untuk tangkapan cumi-cumi (Sotong) hasilnya lumayan.

Penulis: edwardi | Editor: Dedy Qurniawan
bangkapos.com / Edwardi
Hasil tangkapan ikan dan cumi-cumi nelayan Sungailiat. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kondisi cuaca di perairan laut Pulau Bangka saat ini kurang bersahabat.

Ggelombang air laut tergolong besar (tinggi) dan arus laut juga kencang (kuat).

Hal ini menyebabkan tangkapan ikan dari kapal-kapal nelayan khususnya di wilayah Kecamatan Sungailiat hanya sedikit sehingga ada nelayan yang merugi karena hasil melaut tidak menutupi modal ransum yang dikeluarkan selama pergi melaut.

"Gelombang air laut besar pak dan arus laut juga kencang sehingga ikan pancingan tidak begitu mau makan umpan pancing, jadi kalau ikan pancing saat ini cukup susah didapat ," kata Kahar, nelayan Sungailiat  yang baru pulang melaut dan berlabuh di dermaga Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sungailiat, Minggu (14/06/2020).

Ditambahkannya, meskipun ikan pancingan hanya dapat sedikit, namun untuk tangkapan cumi-cumi (Sotong) hasilnya lumayan.

"Kalau untuk cumi-cumi (sotong) Alhamdulillah adalah hasilnya , kita melaut mancing sotong  malam hari dapatlah 18,5 kg  namun kondisi gelombang cukup besar," imbuhnya.

Diakuinya, pada saat siang hari biasanya aktivitas memancing ikan kerisi merah dan ikan lainnya , namun gelombang besar sehingga agak kesulitan mengendalikan perahunya.

"Alhamdulillah hasil tangkapan kita masih bisa ada hasil sedikit , karena masih bisa menutupi biaya ransum untuk keperluan operasional selama melaut , bersyukur tidak merugi , mudah-mudahan nanti ke depan cuaca sudah mulai membaik lagi," harapnya.

Pantauan harga cumi-cumi di pengepul ikan untuk pasaran ekspor di kisaran harga Rp 80.000 - 85.000 per kg, sedangkan harga jual di pasar berkisar Rp 90.000 per kg. (Bangkapos.com/Edwardi)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved