Breaking News:

Mulkan Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Pekarangan Tanami Sayuran dan Bumbu Dapur (VIDEO)

Bupati Bangka Mulkan sebelum melakukan aktivitas rutin menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Bangka menyempatkan diri melakukan panen sayuran

BANGKAPOS.COM -- Bupati Bangka Mulkan sebelum melakukan aktivitas rutin menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Bangka menyempatkan diri melakukan panen sayuran, seperti terong dan timun, serta bumbu dapur buah cabe di Kebun Hatinya PKK samping Rumah Dinas Bupati Bangka, Senin (15/06/2020).

Kegiatan ini didampingi istri tercintanya, Yusmiati Mulkan yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka.

Hasil panen sayuran dan cabe selain digunakan untuk keperluan konsumsi di rumah dinas juga dibagikan kepada para pegawai dan petugas Satpol PP yang sedang berdinas di rumah dinas Bupati Bangka.

Bupati Bangka Mulkan mengatakan sejak tinggal di rumah dinas maka lahan kosong yang berada di samping rumah dinas dimanfaatkan untuk menanam berbagai jenis tanaman yang memberikan manfaat untuk dikonsumsi.

"Sebelumnya lahan kosong ini ditanami buah semangka, saat ini ditanami sayuran terong, alhamdulillah hasil panen semangka dan terong ini cukup lumayan hasilnya walaupun lahannya tidak begitu luas," kata Mulkan di sela-sela kegiatan panen bersama istrinya Yusmiati Mulkan.

Ditambahkannya saat ini juga ada tanaman timun dan cabe , selanjutnya juga akan menanam sayuran kacang panjang.

"Inilah merupakan contoh langkah-langkah kita dalam menghadapi Covid-19 ini bagaimana agar kebutuhan rumah tangga sehari-hari bisa dipenuhi sendiri masyarakat dari hasil kebun sehingga tidak perlu ke pasar atau kerumunan sehingga bisa menghindari penyebaran penularan wabah Covid-19," ujar Mulkan.

Mulkan mengajak dan mengimbau masyarakat Kabupaten Bangka yang memiliki lahan kosong, khususnya di pekarangan sekitar rumah agar dimanfaatkan untuk menanam sayuran dan bumbu dapur kebutuhan sehari-hari.

"Ayo masyarakat Bangka agar banyak melakukan aktivitas bermanfaat di rumah seperti berkebun, olahraga dan aktivitas yang mengeluarkan keringat serta bermanfaat untuk keluarga," ajak Mulkan.

Ditambahkannya, bila tidak ada lahan untuk menanam di tanah, maka bisa menanam sistem hidroponik atau pakai polibag atau barang yang sudah tidak digunakan, seperti panci bekas, kaleng cat dan wadah lainnya.

"Ayo kita manfaatkan pekarangan rumah sehingga mengurangi aktivitas di luar rumah, seperti ke pasar karena di rumah sudah bisa menghasilkan sendiri sayuran dan bumbu dapur," imbuh Mulkan.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Tomi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved