Breaking News:

Gempa Terkini

Muara Binuangeun Banten Diguncang Gempa 4.3 SR, Ini Wilayah Yang Merasakan

Muara Binuangeun diguncang gempa dengan kekuatan Magnitudo 4.3 Skala Richter dan kedalaman 25 kilometer.

Bangkapos.com
Ilustrasi rumah rusak akibat gempa bumi 

Muara Binuangeun Banten Diguncang Gempa 4.3 SR, Ini Wilayah Yang Merasakan

BANGKPAOS.COM-- Muara Binuangeun, Kabupaten Lebak, Banten diguncang gempa siang ini, 11.32 WIB, Selasa (16/6/2020)

Muara Binuangeun diguncang gempa dengan kekuatan Magnitudo 4.3 Skala Richter dan kedalaman 25 kilometer.

Pusat gempa berada di laut 40 km tenggara Muara Binuangeun dirasakan (MMI) IV Ciracap, III Cihara dan II-III Surade.

Tindakan ketika gempa terjadi

Saat terjadi gempa tetaplah tenang, lalu lakukan tindakan sebagai berikut:

1. Jika berada di dalam rumah Berusahalah menyelamatkan diri dan keluarga. Berlindunglah di bawah meja agar tubuh tidak terkena benda-benda yang berjatuhan. Lindungi kepala dengan apa saja, misalnya bantal, papan, atau kedua tangan dengan posisi telungkup.

2. Jika berada di luar rumah Merunduk dan lindungilah kepala, lalu bergeraklah menjauh dari gedung dan tiang menuju daerah terbuka. Jangan melakukan tindakan apapun, tunggulah sampai keadaan benar-benar tenang karena setelah gempa pertama biasanya ada gempa susulan.

3. Jika berada di pusat perbelanjaan atau di tempat umum lainnya Usahakan untuk tetap tenang, biasanya kerumunan orang dalam bencana berpotensi kepanikan. Ikuti petunjuk dari petugas penyelamat. Jangan menggunakan lift ketika terjadi gempa atau kebakaran namun gunakanlah tangga darurat, lalu bergeraklah ke tempat terbuka.

4. Jika berada di dalam kendaraan Berpeganganlah dengan erat sehingga tidak terjatuh dari guncangan atau jika kendaraan berhenti secara mendadak. Tetaplah tenang dan ikuti perintah atau petunjuk dari petugas. Mintalah pengemudi untuk menghentikan kendaraan. Setelah itu bergeraklah ke tempat yang terbuka.

5. Jika berada di gunung atau pantai Gempa dapat menimbulkan longsor di gunung atau perbukitan. Jika Kamu berada di pegunungan, bergeraklah ke tempat yang aman seperti lapangan terbuka yang jauh dari daerah lereng. Gempa di bawah laut bisa menimbulkan gelombang tsunami, jika gempa itu terjadi, bergeraklah ke dataran yang lebih tinggi. (Bangkapos.com/Nordin)

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: Evan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved