Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Pemeriksaan Swab di Kabupaten Bangka Capai 670 Orang, 175 Masih Menunggu Hasil dari Laboratorium

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC) Kabupaten Bangka sampai saat ini sudah melakukan pengambilan dan pemeriksaan sampel swab

Penulis: edwardi | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Edwardi
Kegiatan apel Tim GTPPC Kabupaten Bangka, Selasa (16/6/2020) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC) Kabupaten Bangka sampai saat ini sudah melakukan pengambilan dan pemeriksaan sampel swab sebanyak 670 orang dan masih menunggu hasil pemeriksaan swab dari laboratorium sebanyak 175 orang.

"Jumlah OTG di Kabupaten Bangka saat ini 655 orang dan selesai pemantauan 193 orang, sedangkan PDP ada 37 orang dan masih tiga orang dalam pengawasan. ODP ada 263 orang dan selesai pemantauan ada 243 orang," jelas Boy Yandra, Juru Bicara (Jubir) Tim GTPPC Kabupaten Bangka, Selasa (16/6/2020) malam.

Diakui Boy Yandra, upaya penegakkan disiplin pelaksanaan protokol kesehatan di Kabupaten Bangka akan dilakukan guna menekan penyebaran penularan wabah Covid-19 di Kabupaten Bangka bisa cepat diputuskan mata rantainya.

"BPBD Kabupaten Bangka juga melakukan penyemprotan disinfektan di rumah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan tetangga sekitar radius 100 meter," kata Boy Yandra.

Kegiatan  Tim GTPPC Kabupaten Bangka hari ini melakukan apel sosialisasi penegakkan disiplin protokol kesehatan bersama Polres Bangka, Koramil dan anggota tim gugus lainnya.
Kegiatan Tim GTPPC Kabupaten Bangka hari ini melakukan apel sosialisasi penegakkan disiplin protokol kesehatan bersama Polres Bangka, Koramil dan anggota tim gugus lainnya. (Ist/Boy Yandra)

Dua Hari Tak Ada Penambahan Pasien Positif Covid-19

Kabar gembira dalam dua hari terakhir ini tidak ada penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 baru di Kabupaten Bangka.

Saat ini sebaran jumlah pasien positif Covid-19 tercatat masih 57 orang, dimana 14 orang dinyatakan sembuh.

Hal ini diungkapkan Boy Yandra, Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC) Kabupaten Bangka melalui pesan WhatsApp, Selasa (16/06/2020) malam.

"Kegiatan yang dilakukan Tim GTPPC Kabupaten Bangka hari ini melakukan apel sosialisasi penegakkan disiplin protokol kesehatan bersama Polres Bangka, Koramil dan anggota tim gugus lainnya," kata Boy Yandra.

Usai apel pihaknya melanjutkan kegiatan sosialisasi ke Pasar Kite Sungailiat, warung-warung kopi dan di jalanan dalam Kota Sungailiat.

"Alhamdulillah tim hanya menemukan beberapa orang saja dan pengendara motor yang tidak menggunakan masker, kemudian tim memberikan masker kepada mereka dan diingatkan agar selalu mengenakan masker saat beraktivitas di luar rumah," jelas Boy Yandra.

Ditambahkannya kegiatan lain pengambilan swab terhadap 47 orang kontak dengan pasien positif Covid-19 initial E dan RK di RSUD Eko Maulana Ali Kecamatan Belinyu.

" Jadi kita saat ini sedang giat-giatnya untuk berupaya memutuskan mata rantai penyebaran penularan wabah Covid-19 dengan pengambilan Swab ini, karena Dinkes Bangka sudah menyiapkan SDM yang dilatih untuk pengambilan swab ini,"  ungkap Boy Yandra.

Selain itu, Tim GTPPC Kabupaten Bangka juga melakukan pemantauan di Kecamatan Belinyu terhadap tiga mess PT Timah Tbk sebagai alternatif tempat isolasi bagi karyawan KIP yang hasil rapid testnya reaktif.

"Semoga upaya yang sudah kita lakukan ini bisa memutuskan mata rantai penyebaran penularan wabah Covid-19 di Kabupaten Bangka," harap Boy Yandra.

( Bangkapos.com,/Edwardi)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved