Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Minat Baca di Indonesia Menurun, Ini Penjelasan Sosiolog tentang Penyebabnya

Dosen Sosiologi Universitas Bangka Belitung, Luna Febriani menanggapi terkait minat baca yang mengalami penurunan.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: nurhayati
Bangkapos/Nurhayati
Para siswa tampak asyik membaca buku di Stand Perpustakaan Kabupaten Bangka 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Dosen Sosiologi Universitas Bangka Belitung, Luna Febriani menanggapi terkait minat baca yang mengalami penurunan.

Diakuinya minat baca pelajar di Indonesia masih rendah.

"Hasil penelitian dai Programme for International Student Assesment (PISA), yang merupakan survei evaluasi sistem pendidikan tahun 2018 menunjukkan bahwa siswa di Indonesia menempat nilai terendah untuk pengukuran membaca, matematika, dan sains," ungkap Luna saat dihubungi Bangkapos.com, Rabu (17/6/2020).

Ia melanjutkan bahwa kategori kemampuan membaca pada anak-anak Indonesia menempati peringkat ke 6 terakhir atau posisi ke 74 dari 79 negara yang diteliti.

Selain itu, kemampuan kategori matematika berada pada peringkat ke 73 dan untuk kategori kinerja sains Indonesia berada di peringkat 71 dari 79 negara.

"Hasil ini menunjukkan bahwa posisi Indonesia masih memprihatinkan dan berada di bawah rata-rata dari persoalan literasi, matematika dan sains," jelas  Luna.

Hasil penelitian PISA ini juga menunjukkan bahwa salah satu hal yang berpengaruh besar terhadap rendahnya minat dan kemampuan siswa dalam hal membaca, matematika dan sains adalah kurikulum dan sistem yang diterapkan

"Di mana, sistem dan kurikulum kita lebih menghargai siswa yang dapat menghapal pelajaran dan sukses mengisi ujian yang kemudian ditandai dengan nilai yang baik," jelas Luna.

Dengan sistem yang seperti ini kemudian memaksa siswa untuk sekedar menghapal tanpa ada proses memahami dan mendalami suatu pelajaran.

"Maka kebiasaan menghapal inilah yang kemudian menjadi budaya bagi siswa dan masyarakat kita, sehingga mau tak mau membentuk sebuah kebiasaan di mana siswa lebih senang menghapal pelajaran saat hendak ujian saja," beber Luna.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved