Breaking News:

UNGGAHAN Soal Toilet, Mana yang Lebih Sehat Toilet Duduk atau Jongkok?

Sebuah unggahan menampilkan kondisi toilet duduk yang pecah diduga karena digunakan dengan cara yang tidak dianjurkan beredar di media sosial

Editor: Edi Yusmanto
TribunJabar.id/Twitter @feyzheng
ilustrasi toilet 

BANGKAPOS.COM  - Sebuah unggahan menampilkan kondisi toilet duduk yang pecah diduga karena digunakan dengan cara yang tidak dianjurkan beredar di media sosial Twitter pada Senin (3/6/2020).

Pecahnya toilet tersebut diduga karena dipakai dengan cara jongkok oleh seseorang.

"Masih mau jongkok di wc duduk?" tulis akun Twitter bernama Sukirno, @flutulangs sekaligus pihak pengunggah foto viral itu.

Dalam foto juga terlihat ada noda yang diduga darah berceceran di lantai kamar mandi.

Sejauh ini, unggahan tersebut telah di-retwit sebanyak 10.000 kali dan telah disukai sebanyak 18.800 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Lantas, lebih sehat mana penggunaan toilet duduk dengan jongkok?

Dokter spesialis penyakit dalam sekaligus dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof DR dr Ari Fahrial Syam menjelaskan, orang menggunakan toilet dengan cara jongkok diduga untuk menghindari kontaminasi kuman yang menempel pada permukaan kloset.

Selain itu, dimungkinkan orang tersebut mengalami kesulitan ketika harus buang air besar (BAB) menggunakan toilet duduk.

"Kalau kita lihat dari faktor higienis, yang paling berisiko terkontaminasi adalah kloset duduk. Karena yang jadi masalah orang dapat tertular penyakit di situ," ujar Ari saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved