Breaking News:

Berita Belitung

Potret Pemasangan Jerat Hewan Pengganggu Jaringan Listrik PLN Belitung Timur

Sebanyak 490 titik gardu di wilayah Belitung Timur dipasang jerat hewan, hal ini untuk mengurangi kendala jaringan yang diakibatkan hewan

Posbelitung.co/Suharli
Seorang petugas PLN Kelapa Kampit memang jaring hewan, di satu gardu yang berada di Desa Pembaharuan, Kecamatan Kelapa Kampit, Beltim. Kamis (18/6/3020) 

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Sebanyak 490 titik gardu di wilayah Belitung Timur dipasang jerat hewan, hal ini untuk mengurangi kendala jaringan yang diakibatkan hewan yang melompat ke jaringan PLN.

Manager PLN ULP Manggar, Nadia Rahmawati saat dihubungi posbelitung.co menyampaikan pemasangan jerat hewan ini sudah dimulai mulai pasang sejak bulan April 2020 lalu.

"Sudah kami cicil sedikit-sedikit, karena kami banyak gangguan disebabkan hewan yang naik ke jaringan, target kami bulan Juni ini selasai dipasang semua," ujar Nadia kepada posbelitung.co, Kamis (18/6/2020).

Seorang petugas PLN Kelapa Kampit memang jaring hewan, di satu gardu yang berada di Desa Pembaharuan, Kecamatan Kelapa Kampit, Beltim. Kamis (18/6/3020)
Seorang petugas PLN Kelapa Kampit memang jaring hewan, di satu gardu yang berada di Desa Pembaharuan, Kecamatan Kelapa Kampit, Beltim. Kamis (18/6/3020) (Posbelitung.co/Suharli)

Nadia berharap adanya jerat hewan ini dapat mengurangi terjadi pemadaman listrik selain faktor alam, dan tanaman yang mengenai jaringan.

Menurutnya ada dua jenis penghalang hewan, yang awal dipasang ini khusus untuk hewan kecil seperti tupai dan kalong, kedepannya akan ada jerat hewan berputar terbuat dari seng.

"Itu khusus untuk hewan agak besar seperti monyet," ujarnya

Selain kendala dari hewan liar yang melompat kejaringan PLN, Nadia juga mengatakan di Belitung Timur ini banyak pohon yang tumbuh mengarah ke jaringan.

"Untuk proses pemangkasan memang sudah menjadi rutin setiap hari, kalau ada pemilik rumah kami izin dulu karena biar tidak ada kejadian berulang kali," bebernya.

(posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved