Breaking News:

Berita Pangkalpinang

BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem di Bangka Belitung Mereda, Memasuki Musim Kemarau

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang, memprakirakan cuaca ekstrem di wilayah Bangka Belitung akan mereda...

pixabay.com
Ilustrasi cuaca ekstrem 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang, memprakirakan cuaca ekstrem di wilayah Bangka Belitung satu minggu ke depan akan mereda.

Demikian disampaikan Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kota Pangkalpinang, Kurniaji, Jumat(19/6/2020) kepada Bangkapos.com.

Menurut Kurniaji, potensi hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang di Wilayah Bangka Belitung, terpantau rendah.

Hal ini dikarenakan gangguan cuaca skala lokal berupa sirkulasi tertutup, di pesisir barat Sumatera, Sabtu (20/6/2020) diprakirakan sudah hilang atau berpindah tempat.

"Dengan hilangnya gangguan lokal, seharusnya potensi hujan akan semakin kecil di minggu dan bulan-bulan, berikutnya," Kata Kurniaji.

Selain itu, lanjut Kurniaji, sekarang sudah bertiup monsoon tenggara atau angin timuran, yang sifat kering dan panas.

Ini sebagai tanda memasuki perubahan musim dari hujan ke kemarau.

"Walaupun besok Sabtu, sesuai informasi perkiraan cuaca diwilayah Bangka Belitung, masih merata terjadi berpeluang terjadi pada siang hari, dengan durasi sekitar 1 sampai 2 jam, " ucapnya.

Namun, lanjutnya, untuk hari Minggu pagi di prakirakan wilayah Babel, secara keseluruhan juga berpotensi hujan dengan intensitas sedang. (Bangkapos.com/Yuranda)

Penulis: Yuranda
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved