Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Telusuri Epidemiologi Pasien Positif Covid-19, Tim Gugus Tugas Ambil Swab Pedagang Pasar Irian

Swab massal pedagang di Pasar Irian ini berdasarkan hasil penelusuran epidemiologi konfirmasi positif warga Kabupaten Bangka Tengah.

Istimewa/Dok Gugus Tugas Covid-19 Pangkalpinang
Swab massal pedagang Pasar Irian, Jumat (19/6/2020) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sejumlah pedagang di Pasar Irian, Pangkalpinang, Bangka Belitung, diambil swabnya oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Pangkalpinang, Jumat (19/6/2020).

Wakil Ketua Gugus Tugas, dr Masagus Hakim mengatakan, diambilnya swab massal pedagang ini berdasarkan hasil penelusuran epidemiologi konfirmasi positif warga Kabupaten Bangka Tengah.

Untuk memetakan penularan virus ini, tim gugus tugas mengambil langkah untuk screening di kawasan tersebut.

"Pasar Irian itu menjadi hasil PE dari pasien positif. Jadi kami cepat melakukan screening untuk segera tahu penyebaran penularan ini," kata dr Hakim kepada bangkapos.com.

Hakim menyebut, swab massal maupun rapid test yang kerap dilakukan oleh tim gugus tugas untuk mengetahui secara cepat penyebaran virus yang sudah menjadi transmisi lokal.

Diharapkan juga masyarakat bersedia dilakukan screening untuk mengetahui penularan dan segera tanggap dalam penanggulangannya.

Sampel swab ini akan diperiksa di Labkesda Bangka Belitung dan membutuhkan waktu sekitar tiga sampai empat hari.

"Kami juga mengimbau tetap gunakan masker saat bepergian. Rajin mencuci tangan dan juga jaga jarak fisik. Penyebaran ini sudah transmisi lokal, kita tidak tahu siapa saja yang tertular. Jadi untuk memetakan itu kami tempuh upaya swab massal. Masyarakat juga harus ikuti protokol kesehatan yang dianjurkan," pungkasnya.

(Bangkapos.com/Irakurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved