Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Gugus Tugas Covid-19 Pangkalpinang Lakukan Tes Swab di BTC Pangkalpinang (VIDEO)

Tim Gugus Tugas Covid-19 Pangkalpinang melakukan swab screening kepada 20 orang secara acak di Bangka Trade Center (BTC), Sabtu (20/6/2020).

Bangkapos.com/ira kurniati
Gugus Tugas Covid-19 Pangkalpinang Lakukan Tes Swab di BTC Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Tim Gugus Tugas Covid-19 Pangkalpinang melakukan swab screening kepada 20 orang secara acak di Bangka Trade Center (BTC), Sabtu (20/6/2020).

Pengambilan sampel swab ini dilakukan untuk mendeteksi penyebaran virus corona di tempat keramaian umum.

Wakil Ketua Gugus Tugas Covid-19 Pangkalpinang, dr Masagus Hakim mengatakan, sampel yang diambil, yakni lima orang karyawan pengelola BTC dan 15 orang merupakan pedagang.

Sampel diambil secara acak karena menurut Hakim menyesuaikan dengan alat swab yang dimiliki.

Selain itu, jika ada indikasi positif ditemukan dari sampel ini, maka segera dilakukan tracing ke lebih banyak orang.

"Kami ambil sampel dulu kepada mereka yang kontak dengan banyak orang. Apalagi saat ini sudah banyak pertokoan dan tempat keramaian umum buka kembali. Untuk skrining itu kita lakukan swab massal, jadi tahu penyebaran ini. Beda dengan tracing, kalau itu sudah terkontak dengan pasien positif. Ini kita lakukan untuk mendeteksi," tutur Hakim di parkiran BTC Pangkalpinang.

Dia menyebut, pihaknya bekerja sama dengan RSBT Pangkalpinang untuk memeriksa sampel ini di laboratorium tersebut. 

Hasilnya akan diketahui dalam waktu tiga hari kedepan. Hakim mengatakan, dengan dilakukannya swab skrining ini, tim gugus tugas akan terbantu dengan pemetaan penyebaran Covid-19 untuk segera ditanggulangi.

"Kami harapkan masyarakat bersedia dan mau diambil swab. Untuk mengetahui penyebaran penularan virus. Kita tidak tahu posisinya ditularkan atau menularkan. Jadi ini gratis kami berikan ke masyarakat untuk diswab," pungkas Hakim..

Dia menambahkan, swab skrining yang dilakukan ini tidak dipungut biaya. Pemerintah Kota Pangkalpinang memberikan secara gratis kepada masyarakat.

Halaman
123
Penulis: Ira Kurniati
Editor: Tomi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved