Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

UPDATE, Pasien Sembuh Covid-19 di Kabupaten Bangka Bertambah 2 Orang, Total Sudah 40 Pasien Sembuh

Kabar gembira hari ini, Sabtu (20/06/2020) jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Bangka yang sembuh terus bertambah dua orang.

Ist/Boy Yandra
Jubir Tim GTPPC Kabupaten Bangka, Boy Yandra 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Kabar gembira hari ini, Sabtu (20/06/2020) jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Bangka yang sembuh terus bertambah dua orang, sehingga jumlah total pasien sembuh menjadi 40 orang atau mencapai 70,2 persen dari 57 orang pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang ada.

Dua pasien positif Covid-19 yang sembuh hari ini berasal dari Kecamatan Sungailiat 1 orang dan Kecamatan Mendo Barat 1 orang sudah dinyatakan sembuh oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Alhamdulillah beberapa kecamatan seperti Belinyu, Merawang, Puding Besar dan Mendo Barat sudah masuk zona hijau kembali karena semua pasien terkonfirmasi positif Covid-19 semuanya sudah sembuh, sedangkan untuk Kecamatan Pemali dan Sungailiat masih ada beberapa orang belum sembuh," jelas  Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC) Kabupaten Bangka, Boy Yandra, Sabtu (20/06/2020) sore..

Menurutnya, komposisi sebaran pasien positif Covid-19 saat ini Kecamatan Pemali 26 pasien positif Covid-19 dan 15 orang sembuh, Kecamatan Sungailiat dari 16 pasien positif Covid-19 tercatat yang sembuh ada 10 orang, Kecamatan Belinyu dari 9 orang pasien positif Covid-19 yang sembuh 9 orang, Kecamatan Merawang dari 4 orang pasien positif Covid-19 yang sembuh 4 orang, Kecamatan Puding Besar dari 1 orang pasien positif Covid-19 yang sembuh 1 orang dan Kecamatan Mendo Barat dari 1 orang pasien positif Covid-19 yang sembuh 1 orang. 

Boy Yandra optimis Kabupaten Bangka akan kembali secepatnya menuju Zona Hijau apabila masyarakat selalu disiplin melaksanakan protokol kesehatan, yakni selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan selalu menjaga jarak.

Ditambahkannya, Tim GTPPC Kabupaten Bangka sudah melakukan upaya untuk memutuskan mata rantai penyebaran penularan wabah Covid-19 dengan melakukan Rapid Test dan pemeriksaan Swab secara masif.

"Hari ini kita melakukan pengambilan Swab sebanyak 790 orang dimana 619 Swab hasilnya negatif dan 171 orang masih menunggu hasil dari lab dan Rapid Test sebanyak 2.603 orang dengan rincian 1.019 orang Rapid Test massal dan sisanya dilaksanakan di puskesmas dan RSUD Depati Bahrin dan RSUD Eko Maulana Ali," ungkap Boy Yandra.

Dilanjutkannya, pada hari ini Tim GTPPC Kabupaten Bangka sudah memulangkan 9 ODS dari isolasi GOR Sungailiat, di mana dari dua kali rapid test hasilnya non reaktif dan sudah diberikan surat keterangan sehat dari puskesmas.

"Hari ini Dinkes Kabupaten Bangka melakukan pengamanan sampel swab terhadap 80 orang yang melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19 di Belinyu, Sungailiat dan Pemali," kata Boy Yandra.

Dilanjutkannya, kegiatan yang terus dilakukan saat ini oleh Tim GTPPC Kabupaten Bangka adalah melakukan sosialisasi penegakkan disiplin masyarakat untuk terus memakai masker di jalan-jalan dan pasar-pasar atau saat beraktivitas di luar rumah.

"Kita juga menggunakan mobil penerangan KB untuk sosialisasi kepada masyarakat agar jangan mengucilkan orang dan keluarga pasien positif Covid-19 yang sudah sembuh atau pulang ke rumahnya karena Covid-19 ini bukanlah penyakit aib, semua orang bisa saja terkena penyakit ini," ungkap Boy Yandra.

Dia mengharapkan masyarakat sebaiknya memberikan motivasi sehingga imunitas tubuh pasien dan masyarakat juga meningkat supaya kita bisa melawan wabah Covid-19 ini bersama-sama.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved