Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Abaikan Protokol Kesehatan Cegah Covid-19, Lomba Burung Berkicau Dibubarkan

Banyak peserta dan penonton tidak mengenakan masker dan mengabaikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Istimewa/Polres Pangkalpinang
Lomba Burung Berkicau dibubarkan Tim Gabungan dari GTPPC-19 Provinsi Bangka Belitung dan Kota Pangkalpinang, Minggu (21/6/2020) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Tim Gabungan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC-19) Provinsi Bangka Belitung dan Kota Pangkalpinang membubarkan lomba burung berkicau, di halaman Grand Bangka City (GBC), Minggu (21/6/2020).

Peserta dan penonton yang hadir membuat terjadinya kerumunan, apalagi banyak peserta dan penonton tidak mengenakan masker dan mengabaikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

"Kami terpaksa melakukan pembubaran terhadap lomba burung berkicau di GBC. Karena dalam kegiatan lomba ini membuat kerumunan massa serta tidak memiliki izin keramaian,"kata Kasat Intelkam Polres Pangkalpinang Iptu Navy Pradhana, Minggu (21/6/2020)

Petugas melakukan upaya humanis agar para peserta dan pengunjung lomba burung berkicau membubarkan diri.

Lombah Burung Berkicau di Bubarkan Tim Gabungan dari GTPPC-19 Provinsi Bangka Belitung dan Kota Pangkalpinang, Minggu (21/6/2020)
Lombah Burung Berkicau di Bubarkan Tim Gabungan dari GTPPC-19 Provinsi Bangka Belitung dan Kota Pangkalpinang, Minggu (21/6/2020) (ISTIMEWA)

Polisi dan Tim Gabungan menegaskan adanya kerumunan dan tidak adanya protokol kesehatan berpotensi menjadi tempat penularan Covid-19.

"Setelah kegiatan dihentikan sekira pukul 11.00 WIB oleh pihak Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Bangka Belitung, para pengunjung dan peserta berangsur angsur meninggalkan lokasi," ucap Navy.

Sementara itu Sekretaris GTPPC-19 Pangkalpinang, Masagus Hakim mengatakan tim penindakan yang turun melakukan penertiban dan mengimbau masyarakat.

Dia meminta masyarakat untuk lebih patuh dalam menjalankan protokol kesehatan.

"Itu Tim penindakan, kita tetap tegaskan masyarakat untuk selalu mematuhi imbauan. Apa yang sudah disampaikan pemerintah terutama mematuhi protokol kesehatan,"jelas Masagus.

Ops Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bangka Belitung Hardi tidak melarang adanya kegiatan lomba burung Berkicau namun hendaknya berkoordinasi dengan tim gugus tugas.

"Seperti harus melaksanakan protokol kesehatan seperti melaksanakan himbauan penggunaan masker di lapangan, tersedianya tempat cuci tangan dan alat pengukur suhu badan yang disediakan oleh pihak penyelenggara kegiatan dan harus jaga jarak antara satu sama lain minimal 1 - 2 meter,"ujar Hardi.

Sedangkan panitia pelaksana burung Berkicau Ahiung mengatakan pada Selasa 16 Juni 2020, pernah mengurus surat izin rekomendasi kegiatan perlombaan burung berkicau ke Polsek Bukitintan.

Namun Polsek Bukitintan tindak mengeluarkan surat izin keramaian mengingat situasi pada saat ini masih adanya pandemi virus Corona atau Covid-19 dan ajang perlombaan burung berkicau ini dapat menimbulkan khalayak ramai.

(bangkapos.com/Yuranda)

Penulis: Yuranda
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved