Breaking News:

Gerhana Matahari Cincin

Amati Gerhana Matahari Cincin, BMKG Sarankan Gunakan Kacamata Hitam, Ini Waktunya di Bangka Belitung

Magnitudo gerhana terentang antara 0,086 di Mentok hingga 0,100 di Sungailiat.

NASA
Gerhana matahari cincin 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Seksi data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, Kurniaji mengungkapkan Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang akan terjadi hari ini, Minggu (21/6/2020) bisa terlihat di Bangka Belitung berupa gerhana matahari sebagian.

Magnitudo gerhana terentang antara 0,086 di Mentok hingga 0,100 di Sungailiat.

Dijelaskan olehnya juga, secara umum gerhana di Bangka Belitung akan dimulai pada pukul 14.25 WIB, puncak gerhana pada pukul 15.10 WIB dan gerhana berakhir pada 15.51 WIB. Durasi gerhana yang diamati kisaran 1,31 jam.

"Sesuai informasi dari pusat memang tidak disebutkan scara detail dimana saja lokasi-lokasi yang paling pas untuk melihat fenomena tersebut pada masing-masing daerah," ujar Kurniaji saat dihubungi bangkapos.com, Minggu (21/6/2020).

"Tetapi pengalaman yg kita peroleh saat fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) Maret 2016 lalu, wilayah pesisir sekitar Bangka Selatan dan Bangka Tengah mungkin masih menjadi titik yang ideal bagi masyarakat untuk mengamati fenomena GMC,"lanjutnya.

Namun disarankan tetap menggunakan kacamata hitam atau kacamata khusus untuk mengamati gerhana agar lebih nyaman ketika mengamatinya.

Kemudian mata juga dapat terhindar dari paparan radiasi cahaya matahari secara langsung.

Waktu untuk Amati GMC di Tujuh Kabupaten Kota Bangka Belitung

Sebelumnya diberitakan, Kurniaji mengatakan, gerhana matahari cincin dapat disaksikan di beberapa wilayah Bangka Belitung, pada Minggu (21/06/2020)

"Gerhana yang teramati dari Bangka Belitung berupa gerhana matahari sebagian dengan magnitudo gerhana terentang 0,086 di Mentok hingga 0,100 di Sungailiat," ujar Kurniaji kepada Bangkapos.com, Minggu (21/06/2020)

Halaman
1234
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved