Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Universitas Bangka Belitung Genjot SINTA Peringkat 190 Nasional

UBB terus menggenjot peringkat Science and Technology Index (SINTA), database pengelolaan publikasi ilmiah perguruan tinggi

bangkapos.com/Agus Nuryadhyn
Rektor UBB Dr Ibrahim 

BANGKAPOS. COM, BANGKA -- Universitas Bangka Belitung (UBB) terus menggenjot peringkat Science and Technology Index (SINTA), database pengelolaan publikasi ilmiah perguruan tinggi yang dikelola oleh Dikti.

UBB pada bulan lalu berada di urutan 353 national rank dan 223 pada 3 years national rank.

Sedangkan update Senin, 22 Juni 2020 pukul 00.03, UBB meloncat tajam ke angka 190 peringkat nasional dan urutan 158 pada 3 years national rank.

Adapun jumlah kampus yang ada dalam portal ini adalah 4.997 kampus. Kenaikan ini salah satunya didorong oleh kebijakan UBB yang memastikan semua dosen mendata karya ilmiahnya di portal tersebut.

Rektor UBB Dr Ibrahim menegaskan agar para pimpinan unit kerja memantau dan terus mengingatkan updating data di Sinta.

Hal ini dikatakan Ibrahim dalam kesempatan penandatanganan kontrak kinerja dengan para dekan pada tanggal 17 Juni 2020 lalu.

Menurut Ibrahim, Sinta tidak hanya penting sebagai alat ukur kegiatan ilmiah di sebuah kampus, namun juga menjadi database keilmuan yang bisa diakses secara nasional oleh berbagai pihak.

"Berdasarkan pengamatan data Sinta Dikti terbaru, terdata 199 dosen UBB yang ada di portal ini dengan rincian 1 Professor, 3 Lektor Kepala, 54 Lektor, 92 Asisten Ahli, dan 52 Tenaga Pengajar.
UBB saat ini memiliki 133 karya ilmiah terindeks scopus dengan 430 sitasi, sementara di google scholar terdapat 2.366 karya publikasi dengan sitasi mencapai 3.236," ungkapnya.

Bahkan dijelaskan Ibrahim, bahwa Angka dan peringkat ini memang tentatif sesuai dengan pembaruan sistem.

Namun diprediksi akan terus meningkat seiring dengan banyak kegiatan konferensi yang digelar dan diikuti oleh para dosen, begitu juga dengan semakin meningkatnya dana yang dimenangkan melalui hibah riset dan pengabdian di Kemenristekdikti.

UBB mengalokasikan anggaran riset dan pengabdian dari sumber dana UBB yang meningkat setiap tahun. 

(bangkapos.com/Agus Nuryadhyn)

Penulis: Agus Nuryadhyn
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved