Breaking News:

WIKI BANGKA

Nikmati Cita Rasa Lokal Bangka Selatan, Bagas Kemas Bumbu Lempah Kuning Bumbu Tumbuk Siap Pakai

Bagaskara (22) anak muda Toboali yang lebih akrab dipanggil Bagas Kopi Kustik selalu memiliki ide mengangkat kearifan lokal Bangka Selatan.

Bangkapos.com/Deddy Marjaya
Bagas Kopi Kustik menunjukkan bumbu tumbuk lempah kuning yang ia produksi Selasa (23/6/2020) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Bagaskara (22) anak muda Toboali yang lebih akrab dipanggil Bagas Kopi Kustik selalu memiliki ide mengangkat kearifan lokal Bangka Selatan.

Setelah membuka kafe tongkrongan anak muda diberi nama Kafe Kustik di Jalan Jendral Sudirman Toboali, dia menambah menu Lempah Kuning Umah, Lempah Juara.

Bagas berpikir bagaimana caranya lempah kuning bisa dibuat lebih praktis. Bagas kemudian membicarakan dengan orangtua untuk membuat bumbu lempah kuning yang dikemas sehingga bisa digunakan setiap saat dan mudah dibawa kemana saja.

"Jadi ini sebenarnya bumbu tumbuk lempah kuning menu warisan turun-temurun dari keluarga saya berpikir kenapa tidak dibuat dalam kemasan siap pakai saja sehingga lebih praktis dan dapat digunakan setiap saat dan dimana saja," ungkap Bagas kepada Bangkapos.com, Selasa (23/6/2020).

Kemasan bumbu tumbuk praktis ini  diberi nama Lempah Kuning Juara Kopi Kustik.

Kemasan dalam botol kecil yang di jual seharga Rp 30.000 per botol ini dapat digunakan untuk membuat lempah kuning ikan, cumi, udang, daging sapi atau ayam dengan berat 1 kilo.

Menu Lempah Kuning Ikan Tenggiri yang menggoda
Menu Lempah Kuning Ikan Tenggiri yang menggoda (Bangkapos.com/Sela Agustika)

Perpaduan rempah-rempah tradisional dan pastinya dipadukan dengan belacan (terasi-red) asli Toboali yang terkenal.

Dipastikan jika memasak menggunakan lempah kuning kemasan ini tidak berbeda dengan jika membuat seperti biasa.

"Jadi satu kemasan bumbu tumbuk ini bisa digunakan membuat lempah kuning 1 kilo baik ikan, cumi, udang, daging sapi atau ayam jika beratnya kurang dari 1 kilo bisa digunakan lebih satu kali," kata Bagas

Cara menggunakan pun sangat praktis bumbu tumbuk dalam kemasan direbus dengan air lima gelas.

Kemudian setelah mendidih barulah masukan ikan, cumi, udang atau ayam selama 40 menit. Barulah lempah kuning siap dihidangkan disantap bersama.

Bagas mengaku saat ini bumbu tumbuk praktis lempah kuning juara miliknya masih dipasarkan secara door to door. Hal ini karena masih menunggu izin dari Balai POM dan sertifikat halal MUI.

"Masih diurus kalau sudah ada izin POM dan sertifikat halal baru akan dipasarkan ke toko toko dan diproduksi besar kalau sekarang door to door dengan jumlah terbatas harapannya ada perhatian Pemda untuk mengurus perizinannya, " ungkap Bagas. (Bangkapos.com/Deddy Marjaya)

Penulis: deddy_marjaya
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved