Breaking News:

New Normal di Bangka Belitung

Pemkot Pangkalpinang Mulai Terapkan Prosedur Menuju New Normal untuk Segala Aktivitas

Pekan ini juga, selain surat edaran panduan ibadah, pemkot juga membuka kembali kawasan wisata yang sempat ditutup selama tiga bulan.

Bangkapos.com/irakurniati
Rapat Forkopimda membahas penerapan menuju new normal, di kantor Wali Kota Pangkalpinang, Selasa (23/6/2020) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pemerintah Kota Pangkalpinang mulai Jumat (26/6/2020) ini resmi menarik surat edaran mengenai panduan ibadah.

Sebelumnya di tengah pandemi Covid-19 sekitar April lalu, pemkot mengimbau agar pelaksanaan salat jamaah maupun acara keagamaan di rumah ibadah dilakukan di rumah saja.

Pekan ini secara resmi pemkot memulai penerapan menuju new normal dan mengeluarkan surat edaran panduan ibadah.

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil mengatakan, menuju new normal pihaknya bersama tim gugus tugas dan forkopimda telah menyepakati aturan-aturan yang menjadi standar operasional prosedur sesuai protokol kesehatan covid-19.

Pekan ini juga, selain surat edaran panduan ibadah, pemkot juga membuka kembali kawasan wisata yang sempat ditutup selama tiga bulan.

"Jumat ini kami bersama-sama akan melaksanakan salat Jumat. Sudah tiga bulan ibadah di rumah saja, sekarang dengan keluarnya surat edaran wali kota kita lakukan kembali. Bukan melegalkan new normal, tapi kita menuju ke arah itu," kata pria yang akrab disapa Molen, seusai rapat bersama Forkopimda dan Tim Gugus Tugas Covid-19 Pangkalpinang di ruangannya, Selasa (23/6/2020).

Molen mengatakan, dengan diberlakukannya surat edaran, segala aktivitas tetap menggunakan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah, yakni dengan memakai masker, jaga jarak fisik serta rajin mencuci tangan.

Begitu pun dengan pelaku usaha kuliner, hotel, spa dan salon, pemkot juga menyiapkan surat edaran mengenai aturan yang harus ditaati oleh mereka.

Termasuk jam operasional dan teknisnya.

"Silakan dibuka seperti dulu, tapi tetap harus sesuai protokol kesehatan dan sesuai SOP nantinya," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, Abdul Rohim menambahkan, tiga pekan terakhir sebagian masyarakat sudah mulai melaksanakan salat Jumat di masjid.

Ada beberapa masjid yang menerapkan physical distancing, namun beberapa lainnya belum karena keterbatasan tempat.

Rohim menyebut, pelaksanaan ibadah ini boleh dilakukan sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Masyarakat diminta tetap memakai masker dan mengupayakan jaga jarak fisik untuk menghindari penyebaran virus corona.

"Dari Kementerian Agama RI juga sudah dibuat mengenai panduan kelonggaran ibadah ini. Boleh kita laksanakan, tapi tetap harus dengan protokol kesehatan yang ketat," tutur Rohim.
(bangkapos.com/irakurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved