Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pondok Pesantren di Bangka Belitung Tunggu Aturan Pemerintah Daerah untuk Memulai Tahun Ajaran Baru

Pada 13 Juli 2020 mendatang dimulainya tahun ajaran baru di Pondok Pesantren di Provinsi Bangka Belitung.

ist/Hari Santri Nasional
RATUSAN santri se-Kota Pangkalpinang mengikuti Upacara Hari Santri Nasional di halaman Kantor Wali Kota Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Pada 13 Juli 2020 mendatang dimulainya tahun ajaran baru di Pondok Pesantren di Provinsi Bangka Belitung.

Namun saat ini pihak Kanwil Kemenag Bangka Belitung dan Pihak Pondok Pesantren masih menunggu kebijakan Gugus Tugas Covid-19 Babel dan pemerintah daerah terkait para santri yang akan kembali melaksanakan pendidikan.

Kasi Pondok Pesantren dan Ma'had Aly Kanwil Kementerian Agama Bangka Belitung, Mehmud Elhoiri, mengatakan, pihaknya telah mendapatkan surat keputusan bersama menteri terkait panduan penyelanggaran tahun ajaran baru di masa pandemi covid-19 di pondok pesantren.

"Ini mengacu pada kebijakan pemda setempat untuk melaksanakan proses belajar mengajar. Panduan penyelenggaran pembelajaran di tahun 2020-2021 di masa pandemi, di turunkan keputusan itu untuk diteruskan ke daerah. Kalau untuk kesimpulan itu persoalan pondok pesantren untuk mengikuti memulangkan santri yang menempuh tahun ajaran baru, harus sesuai dengan protap kesehatan di tetapkan oleh Gugus Tugas," jelas  Kasi Pondok Pesantren dan Ma'had Aly Kanwil Kementerian Agama Babel
Mehmud Elhoiri, kepada Bangkapos.com, Selasa (23/6/2020).

Dia menambahkan, saat ini perlunya koordinasi antara pihak pesantren dan Gugus Tugas serta Pemerintah daerah setempat setelahnya adanya putusan bersama menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Agama, Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri.

"Pihak pondok harus berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat dengan adanya surat keputusan bersama menteri ini, dan kita melihat bahwa Babel berangsur-angsur menuju zona hijau," ungkapnya.

Ilustrasi Rapid Test
Ilustrasi Rapid Test (Bangkapos.com/Ramandha)

Kemudahan Rapid Test Untuk Santri

Pihak Kanwil Kementrian Agama Babel dan Pondok pesantren di Babel saat ini sedang menunggu kebijakan Pemerintah Daerah dan Gugus Tugas Covid-19 terkait akan mulainya ajaran baru di setiap pesantren di Bangka Belitung pada 13 Juli 2020 mendatang.

Dengan kondisi penyebaran Covid-19 saat ini, tentunya peraturan protokol kesehatan dan pelaksanan rapid test terhadap siswa yang kembali masuk ke pesantren akan ditekankan.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bangka Belitung, Dede Purnama Alzulami, mengatakan, pemerintah daerah dalam hal ini harus mengambil bagian dalam upaya memberikan hak para santri untuk kembali belajar di pesantren.

Halaman
12
Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved