Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pemprov Babel Petakan Jabatan Strukturul ke Fungsional, Anggota DPRD Babel Sarankan Ini ke ASN

Algafry Rahman mengomentari berkaitan dengan proses Pemprov Bangka Belitung sedang melakukan pemetaan jabatan struktural ke fungsional

bangkapos.com / Muhammad Rizki
Anggota DPRD Babel, Algafry Rahman 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Babel, Algafry Rahman mengomentari berkaitan dengan proses Pemprov Bangka Belitung sedang melakukan pemetaan jabatan struktural ke fungsional sebagaimana diatur dalam surat edaran menteri PAN RB Nomer 393/2019, tertanggal 13 November 2019.

Ia menjelaskan dalam hal ini adanya penyetaraan struktur Eselon III dan IV dengan tujuan mewujudkan birokrasi yang dinamis, lincah dan profesional dalam upaya peningkatan efektifitas dan efesiensi guna mendukung kinerja pemerintah kepada publik.

"Dari bentuk ini akan ada pemetaan organisasi dan pola kerja yang baru, tentu akan berpengaruh pula dengan penataan formasi dan peta jabatan yang terkait dengan pola karir. Tentu kita pasti berharap untuk pendapatan ASN yang selama ini mereka peroleh tetap, artinya tidak ada penurunan penghasilan,"kata Algafry Rahman kepada Bangkapos.com, Rabu (24/6/2020).

Dari sisi prestise jabatan fungsional bukanlah jabatan yang bisa diisi oleh setiap orang, pengisiannya hanya didasarkan pada keahlian dan keterampilan tertentu yang dibuktikan dengan sertifikasi.

"Selain itu pejabat fungsional kegiatannya dalam bentuk angka kredit, semakin banyak kegiatan yang bisa dibuktikan semakin banyak angka kreditnya, dari segi keahlian,semakin tinggi jenjang ASN dalam jabatan fungsional, maka dapat dipastikan semakin tinggi juga keahlian dibidangnya,"ujarnya.

Menurutnya pengisian pejabat fungsional lebih mudah dan fair, tidak ada senior, junior asalkan kompeten yang junior bisa melewati senior.

"Mutasi lebih jelas karena sudah jelas status jabatan dan keahliannya untuk itu kawan-kawan Pemprov tetap perlu melakukan sosialisasi agar lebih bisa diketahui banyak pihak terutama ASN sendiri. Apalagi dilakukan juga inpassing terhadap jabatan tersebut, sosialisasi yang intern perlu dilakukan,"tegasnya

(Bangkapos.com/Riki Pratama)
 

Penulis: Riki Pratama
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved