Virus Corona di Bangka Belitung

Bisakah Ada Kesalahan Hasil Pemeriksaan Swab? Ini Penjelasan Dokter Spesialis Patologi Klinik RSUP

dr Nafiandi Sp.PK mengatakan dalam pemeriksa swab di laboratorium bisa saja terjadi kesalahan sehingga ada hasil negatif palsu. Begini penjelasannya..

bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Dokter Spesialis Patologi Klinik RSUP Ir Soekarno Bangka Belitung, dr Nafiandi SpPK 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Untuk  mengetahui seseorang terinfeksi covid-19 perlu adanya pemeriksaan rappid test dan tes swab menggunakan PCR.

Dokter Spesialis Patologi Klinik RSUP Ir Soekarno Bangka Belitung, dr Nafiandi Sp.PK mengatakan dalam pemeriksa swab di laboratorium bisa saja terjadi kesalahan sehingga ada hasil negatif palsu.

"Di laboratorium itu ada tiga tingkat dasar yakni pre analitik, analatik dan post analitik. Di semua tingkat itu kemungkinan salah pasti ada," ujar dr Nafiandi saat ditemui bangkapos.com, Jumat (26/6/2020).

"Pre analatik dimulai dari pengambilan saar ambil swab, betul tidak di tempat virus itu. Virus terletak di faring, benar tidak di situ bisa saja di tempat lain sehingga tidak terbawa virusnya," jelasnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan perlu juga diperhatikan juga kondisi dari medium dan suhu saat sampel swab dikirim.

Ketika di laboratorium, perlu diperhatikan juga saat penyimpanan harus dalam suhu yang baik pula.

Pada suhu kisaran 2-8 derajat celcius, sampel swab bisa bertahan beberapa hari, bahkan bila suhu -20 derajat celcius bisa sebulan.

Sehingga sampel tidak mempengaruhi hasil pemeriksaan walaupun dilakukan pemeriksaan dalam waktu yang lama setelah pengambilan swab.

"Serta di tahap analitik pada alat PCR, saat dimulai dari ekstrak DNA sampai masuk ke analisis PCR. Kemungkinan pasti juga ada kesalahan, walaupun kecil kemungkinan saat di PCR asalkan pre analitik bagus," kata dr Nafiandi.

Sedangkan post analitik sendiri dibagian pencatatan hasilnya. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved