Breaking News:

Virus Corona

FACE Shield Bisa Cegah Virus Corona Benarkah? Ini Pendapat Para Ahli

Selain penggunaan masker, pemerntah juga menganjurkan warga menggunakan face shield atau pelindung wajah

AMAZON.COM
Ilustrasi Face Shield 

BANGKAPOS.COM - Selain penggunaan masker, pemerntah juga menganjurkan warga menggunakan face shield atau pelindung wajah. Alat sederhana ini diyakini mampu menangkal droplet dari seseorang yang diduga terinfeksi virus corona.

Face shield pada umumnya terbuat dari bahan plastik tebal transparan. Di awal-awal pandemi, alat ini haya digunakan oleh para tenaga medis di rumah sakit.

Namun belakangan, face shield juga banyak digunakan oleh banyak orang, khususnya di tempat-tempat umum.

Namun, yang perlu diketahui adalah, seberapa efektif face shield mampu melindungi seseorang dari paparan virus corona yang jahat itu?

Para ahli sepakat bahwa pelindung wajah plastik dapat memberikan tingkat perlindungan. Virus corona baru dan Covid-19, penyakit yang disebabkannya, terutama menyebar melalui tetesan pernapasan, yang keluar dari mulut dan hidung Anda ketika Anda bernapas, berbicara, bersin, bernyanyi, dan sebagainya.

Jadi tujuan utama memakai masker bedah, atau masker dengan filter, adalah untuk mencegah tetesan itu masuk ke mulut dan hidung Anda. (Masker dan penutup muka dari kain bekerja dengan cara mencegah orang menyebarkan tetesan pernapasan ke orang lain.)

Masker dan penutup wajah juga bermanfaat mengingatkan orang untuk tidak menyentuh wajah mereka - yang merupakan cara lain penyebaran virus.

Tetapi Anda mungkin bisa terpapar virus corona melalui mata.

"Secara teoritis, virus corona dapat sampai ke mata dan menyebar melalui saluran air mata kita ke hidung dan tenggorokan," jelas Stephen Berger, MD, spesialis penyakit menular, seperti dilansir dari laman Instyle. Rute infeksi ini belum terbukti, tetapi diduga virus itu masuk ke tubuh dengan cara seperti itu.

"Sebuah analisis penelitian baru-baru ini menunjukkan pelindung wajah mungkin melindungi Anda dari Covid-19 melalui mata Anda," jelas Arefa Cassoobhoy, M.D., MPH, Direktur Medis Senior di WebMD.

Halaman
1234
Penulis: tidakada002
Editor: ediyusmanto
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved