Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Jadi Narasumber Kuliah Umum Fakultas Pertanian UNILA, Ibnu Saleh Paparkan Peningkatan Produksi Lada

Bupati Bangka Tengah (Bateng) Ibnu Saleh saat menjadi narasumber memberikan paparan pada kuliah umum agroteknologi seri 2

Ist/Diskominfosta Bateng
Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh saat menjadi narasumber pada kuliah umum agroteknologi seri 2 yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian Universitas Lampung. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Bupati Bangka Tengah (Bateng) Ibnu Saleh saat menjadi narasumber memberikan paparan pada kuliah umum agroteknologi seri 2 yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian Universitas Lampung, secara online di kediaman pribadinya.

Dalam paparannya, Ibnu menjelaskan adanya peningkatan produksi pertanian lada di Bateng dalam rentang tahun 2016- 2019, yang mana hal ini diakuinya tak lepas dari usaha bersama antara Pemkab Bateng melalui Dinas Pertanian, bersama dengan seluruh penyuluh dan petani.

Menurutnya ada beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk bisa mengembalikan kejayaan lada sebagai komoditas ekspor yang menyejahterakan petani.

"Strategi tersebut antara lain penerapan intensifikasi, ekstensifikasi, dan rehabilitasi. Kedua adalah pembenihan bibit unggul, ketiga adalah Good Agricultural Product (GAP), dan yang keempat adalah pengendalian hama," jelas  Ibnu, Minggu (28/6/2020).

Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh saat menjadi narasumber pada kuliah umum agroteknologi seri 2 yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian Universitas Lampung.
Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh saat menjadi narasumber pada kuliah umum agroteknologi seri 2 yang diselenggarakan oleh Fakultas Pertanian Universitas Lampung. (Ist/Diskominfosta Bateng)

Ia juga menjelaskan kemajuan apa saja yang berhasil dilalui oleh Dinas Pertanian, antara lain dipastikannya bibit unggul dengan pemantauan dan pengawasan oleh UPTD Pengawasan dan Sertifikasi Mutu Benih.

Sedangkan GAP yang telah dijalankan, selain pemantauan bibit unggul, adalah penggunaan tajar hidup untuk menekan biaya produksi, serta pemanfaatan MA-11 sebagai pupuk organik.

"Selain itu, Bateng serius studi banding langsung ke Vietnam, mendirikan juga laboratorium MA-11, juga menggunakan anti hama yang organik seperti penyambungan lada dengan tanaman malada, serta penggunaan Trichoderma yang dapat memperbaiki struktur tanah dan mengendalikan hama jamur," jelasnya.

Kuliah umum tersebut mendapat antusiasme dari para dosen dan mahasiswa mengingat Ibnu Saleh merupakan alumnus dari Fakultas Pertanian Unila dan dinilai sangat kompeten untuk berbicara mengenai pengalaman langsung di bidang pertanian, khususnya lada.

Seperti yang telah diketahui, dirinya juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bateng dan berkecimpung langsung dalam pengembangan pertanian. (Bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved