Breaking News:

Mau Mahir Bahasa Inggris, Jangan Lupa Ikuti Lima Langkah Ini

Di saat bangsa-bangsa di negara-negara lain sudah "lebih lumayan" fasih berbahasa Inggris, kebanyakan dari kita masih terbata-bata. Seperti baru belaj

Timeanddate.com
Bahasa Inggris boleh populer, tapi ternyata penuturnya tidak sebanyak bahasa yang lain. 

BANGKAPOS.COM -Ini yang menjadi persoalan kebanyakan warga +62 saat dulu, sekarang, dan entah sampai kapan. Di saat bangsa-bangsa di negara-negara lain sudah "lebih lumayan" fasih berbahasa Inggris, kebanyakan dari kita masih terbata-bata. Seperti baru belajar berjalan.

Kita tidak akan membahas penyebab kenapa kita agak "sedikit" terlambat dalam menguasai bahasa Inggris. Dalam hal ini, terkadang saya geli juga waktu mendengar beberapa pengambil kebijakan di negeri ini mempersoalkan tentang mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah.

Ada satu pihak yang mengatakan, "Bahasa Inggris tidak usah diajarkan di Sekolah Dasar. Penguasaan bahasa Indonesia kan belum baik di peserta didik."

Ada pihak lain yang mengatakan, "Cukuplah belajar bahasa Inggris di SD saja. SMP dan SMA, tidak perlu lagi belajar bahasa Inggris. Kan sudah tuntas di SD."

Saya cuma bisa geleng-geleng kepala. Kok bisa ada orang-orang yang berpandangan sempit seperti itu.

Namun, kita tidak akan membahas soal dua pendapat di atas. Mungkin di tulisan terpisah, saya akan membahas tentang kontroversi dua pendapat tadi.

Bicara masalah kunci, bicara tentang cara untuk bisa masuk, membuka pintu kemahiran berbahasa Inggris.

Dalam hal ini, saya ingin sekadar berbagi inti sari dari pengalaman dalam belajar dan mengajar bahasa Inggris selama kurang lebih dua puluh tahun.

Mungkin saya sudah pernah membahasnya di tulisan-tulisan sebelumnya, namun karena ada lagi beberapa orang yang bertanya pada saya bagaimana cara mahir berbahasa Inggris, maka saya tampilkan lagi dengan cara dan sudut pandang yang berbeda.

Anda harus memiliki 5 kunci ini kalau ingin mahir berbahasa Inggris.

Halaman
1234
Editor: M Zulkodri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved