Breaking News:

Advertorial

Desa Air Kuang Berdayakan Warga Tingkatkan Penghasilan Lewat BUMDes Kuang Segandeng

Desa Air Kuang adalah salah satu wilayah admi­nistrasi pemerintahan Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat tepatnya pada 2009 silam merupakan pemekar

Penulis: iklan bangkapos | Editor: Dedy Qurniawan
Desa Air Kuang Berdayakan Warga Tingkatkan Penghasilan Lewat BUMDes Kuang Segandeng - desa-air-kuang-1.jpg
ist
Penghargaan Juara 1 “Lomba Hatinya PKK” Tingkat Kabupaten Tahun 2020 dari Ketua TP PKK dan Dekranasda Kabupaten Bangka Barat, Evi Astura Markus Kepada TP PKK Desa Air Kuang
Desa Air Kuang Berdayakan Warga Tingkatkan Penghasilan Lewat BUMDes Kuang Segandeng - desa-air-kuang-2.jpg
ist
Unit Usaha Budidaya Ikan Air Tawar Sepakat Bersama
Desa Air Kuang Berdayakan Warga Tingkatkan Penghasilan Lewat BUMDes Kuang Segandeng - desa-air-kuang-3.jpg
ist
Perpustakaan Desa Bintang Dunia
Desa Air Kuang Berdayakan Warga Tingkatkan Penghasilan Lewat BUMDes Kuang Segandeng - desa-air-kuang-4.jpg
ist
Berkah Mart Kuang Segandeng
Desa Air Kuang Berdayakan Warga Tingkatkan Penghasilan Lewat BUMDes Kuang Segandeng - desa-air-kuang-5.jpg
ist
Peternakan Sapi Kelompok Ternak Desa Air Kuang

BANGKAPOS.COM - Desa Air Kuang adalah salah satu wilayah admi­nistrasi pemerintahan Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat tepatnya pada 2009 silam merupakan pemekaran wilayah dari Desa Ranggi Asam.

Desa Air Kuang yang letak geografisnya adalah 100 persen daratan selain bersebelahan dengan Desa Ranggi Asam, juga bertetangga dengan Desa Sinar Manik yang juga berada di wilayah Kecamatan Jebus, serta Desa Puput dan Desa Sekar Biru yang berada di Kecamatan Parittiga.

Desa Air Kuang dihuni oleh 2.506 jiwa dengan luas wilayah sekitar 250,13 Ha terdiri dari dua dusun yaitu Dusun Bangun Jaya dan Dusun Air Kuang.

Kepala Desa Air Kuang Eddi Rapono menjelaskan pemerintah desa mulai mendirikan Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes) sejak 26 Juni 2018 lalu dengan nama BUMDes Kuang Se­ga­n­deng.

Dirinya yang juga seka­ligus Komisaris BUMDes Kuang Segandeng menjelaskan BUMDes dibentuk dengan tujuan memanfaatkan potensi-potensi yang dapat dikembangkan di desanya agar menjadi sumber Pendapatan Asli Desa (PAD).

“Harapannya dengan memberdayakan masyarakat pada unit-unit usaha peternakan, perikanan hingga perniagaan, mereka dapat menjadi bagian dari upaya BUMDes untuk berkembang dan maju sehingga berimbas pada keuntungan untuk kesejahteraan masyarakat dan desa. Caranya tentu dengan memberikan pelatihan-pelatihan dan pendampingan melalui narasumber yang kompeten sesuai keahlian dan bidang yang dikerjakan oleh masyarakat di tiap-tiap unit usaha BUMDes,” ungkap Kepala Desa Air Kuang, Eddi Rapono, Kamis (25/06).

Unit usaha yang dijalankan oleh BUMDes Kuang Segandeng terdiri dari beberapa unit usaha di antaranya; Berkah Mart yang menyediakan kebutuhan pokok masyarakat, unit usaha simpan pinjam, unit usaha di bidang budidaya ikan air tawar melalui ‘Kelompok Ternak Ikan Sepakat Bersama Desa Air Kuang’.

Kelompok ternak ikan ini mengelola dan memasarkan hasil budidaya seperti ikan Lele, Nila, Patin, dan Gabus. Kemudian ada pula unit usaha lainnya seperti Pengolahan Kacang Kedelai untuk pembuatan Tempe dan Tahu, serta Peternakan Sapi.

Ketua Kelompok Ternak Ikan Air Tawar Sepakat Bersama Desa Air Kuang, Aris Pratama mengatakan progres unit usaha BUMDes Kuang Segandeng yang dikelola dibidang budidaya ikan air tawar kini mulai menunjukkan perkembangan yang baik.

“ Alhamdulillah tahun 2018 lalu melalui kerjasama dan koordinasi dengan BUMDes melalui pemerintah desa Air Kuang, kami dapat memaksimalkan bantuan-bantuan berupa 15.000 benih ikan lele, pakan, hingga kolam-kolam ikan yang saat ini sudah memberikan hasil yang cukup baguslah, setidaknya sudah ada pelanggan dari beberapa rumah makan yang ada di kecamatan Jebus dan kecamatan Parittiga setiap bulannya beli langsung kesini atau kami antarkan, belum lagi kelompok ternak ikan yang ada di Kecamatan Kelapa dan Muntok datang kesini dan disana dibudidayakan kembali oleh mereka, Alhamdulillah,” pungkasnya. (Advertorial/*/Humas Desa Air Kuang)

Perangkat Desa Air Kuang
Perangkat Desa Air Kuang (ist)

Struktur Organisasi Pemerintah Desa Air Kuang

Kepala Desa : Eddi Rapono
Sekretaris Desa : Siska Trinavelia
Kasi Pemerintahan : Sujarwadi
Kasi Kesejahteraan : Sutelda
Kasi Pelayanan : Agus. M
Kaur Perencanaan : Fajar. S
Kaur Tata Usaha & Umum : Dedi. P
Kaur Keuangan : Juniar
Kepala Dusun Air Kuang : Herman. Ng
Kepala Dusun Bangun Jaya : M. Fajri
Ketua BPD : Bobi Susanto
Ketua LPM : Purwanto
Ketua TP PKK : Reni Heryan

Struktur Organisasi BUMDes Kuang Segandeng

Komisaris : Eddi Rapono
Direksi : Citra Rian
Ketua : Bobi Susanto
Sekretaris : Susmita
Bendahara : Sunarsih
Anggota : Achyar

Halaman
12
Sumber: bangkapos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved