Berita Pangkalpinang

Loka Monitor Pangkalpinang Gelar UNAR, Ketua Kwasda Pramuka Babel Ikut Jadi Peserta

Setiap calon anggota ORARI yang akan menggunakan radio harus mengikuti ujian, agar ada pembinaan mengenai cara penggunaan frekuensi

(Bangkapos/Agus Nuryadhyn)
Kepala Loka Monitor SFR Helmi menyerahkan plakat kepada Hj Melati Ketua Kwarda Pramuka Babel. 

BANGKAPOS. COM, BANGKA-- Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio Pangkalpinang menggelar ujian negara amatir radio (Unar) di Senin (19/6/2020).

Kegiatan Unar dibuka Kepala Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio Pangkalpinang Muhammad Helmi ST MM, dihadiri Ketua Orda Babel Abet Suaihan, Sekretaris Eka Subehi dan H Tugino Sukardi, Pengurus Orlok Pangkalpinang Zulkarnain, serta Kabupaten Bangka H Kasiman dan Yudiansyah.

Untuk Ujian Negara Amatir Radio angkatan ke V ini diantaranya diikuti Hj Melati Ketua Kwarda Pramuka Babel.

Kepala Loka Monitor Spektrum Frekuensi Radio Pangkalpinang Helmi mengemukakan bahwa UNAR ini penting untuk diikuti karena setiap calon anggota ORARI yang akan menggunakan radio harus mengikuti ujian, agar ada pembinaan mengenai cara penggunaan frekuensi dan perangkat.

"Sehingga setelah dia menjadi anggota ORARI dia mengerti tentang tata cara penggunaan frekuensi radio yang betul. Frekuensi-frekuensi yang sesuai dengan peruntukannya, frekuensi yang digunakan bersama," ungkap Helmi.

Menurut Helmi, bahwa di dunia komunikasi udara, ada frekuensi yang peruntukannya untuk keselamatan penerbangan, seluler, dan radio.

Ditambahkan Helmi, bahwa setiap orang yang ingin menggunakan frekuensi radio, harus memiliki izin.

"Kita men-support masyarakat yang mau menggunakan radio. Mereka harus memahami frekuensi penggunaan radio," jelasnya.

Ketua Kwarda Pramuka Babel Hj Melati mengemukakan mengikuti Unar akan dapat mengetahui dan dapat memahami mengenai radio amatir.

"Ini menarik sekali ada UNAR, dan menjadi tantangan kita untuk mengetahui seluk beluk tentang radio, " ujarnya.

Penulis: agusrya
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved