Berita Pangkalpinang

Bandara Depati Amir Sudah Terapkan Aplikasi Travelation, Permudah Perjalanan Masa New Normal

Erwin Adiyasha mengatakan sudah menerapkan aplikasi Travelation yang diluncurkan PT Angkasa Pura II beberapa waktu lalu.

Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Suasana antrian saat pemeriksaan dokumen di Bandara Depati Amir Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Manager Of Airport Operation and Service Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Erwin Adiyasha mengatakan sudah menerapkan aplikasi Travelation yang diluncurkan PT Angkasa Pura II beberapa waktu lalu.

"Untuk aplikasi (Travelation-red) bandara Depati Amir sudah jalan. Namun masih sosialisasi secara mobile dari petugas dan petugas membantu proses registrasi dan upload dokumennya," jelas Erwin saat dikonfirmasi Bangkapos.com, Selasa (30/6/2020).

Berdasarkan informasi yang ia berikan kepada bangkapos.com bahwa Travelation ini merupalan aplikasi pengecekan digital dokumen penerbangan penumpang pesawat di tengah masa adaptasi new normal.

Sebelumnya, aplikasi ini sudah dilakukan uji coba di seluruh bandara perseroan guna mensosialisasikan penggunaan dan mendengar berbagai masukan dari penumpang pesawat di wilayah operasional PT Angkasa Pura II.

Untuk itu dokumen perjalanan yang harus dilengkapi calon penumpang meliputi identitas diri seperti KTP, tiket penerbangan, dan surat hasil rapid test (berlaku maksimal 14 hari sesuai surat edaran terbaru).

Calon penumpang pesawat dapat mengunggah (upload) ketiga dokumen tersebut ke aplikasi Travelation melalui travelation.angkasapura2.co.id untuk dilakukan pengecekan secara digital oleh administrator.

Setelah dilakukan pengecekan, calon penumpang akan mendapat QR Code untuk kemudian diverifikasi di bandara PT Angkasa Pura II.

Aplikasi Travelation ini juga terhubung dengan e-HAC (Health Alert Card) yang harus diisi oleh penumpang pesawat dan dicek secara digital oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes). Serta aplikasi PeduliLindungi juga terhubung dengan Travelation.

Sedangkan untuk Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 No. 07/2020, penumpang pesawat juga wajib mendownload aplikasi PeduliLindungi dalam melakukan perjalanan.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved