Berita Pangkalpinang

Data Bansos Belum Lengkap, Pengamat Publik Sarankan Pemprov Babel Jemput Bola

Pemerintah bisa langsung menjemput bola untuk mendapatkan data akurat sehingga secepatnya bantuan tersebut bisa disalurkan.

Foto Ist/Jumli
Pemerhati Kebijakan Publik atau Ketua Lembaga Partisipasi Pengawas dan Pemerhati Pelayanan Publik Bangka Belitung (LP5 Babel), Jumli Jamaluddin. 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Terkait dana Bantuan sosial Provinsi Bangka Belitung untuk warga terdampak Covid-19 yang belum juga kunjung disalurkan disarankan pemerintah bisa langsung menjemput bola untuk mendapatkan data akurat sehingga secepatnya bantuan tersebut bisa disalurkan.

Pemerhati Kebijakan Publik sekaligus Ketua Lembaga Partisipasi Pengawas dan Pemerhati Pelayanan Publik Bangka Belitung (LP5 Babel), Jumli Jamaludin, mengatakan jika yang menjadi kendala karena belum komplitnya data-data penerima dari Kabupaten dan Kota maka pihak terkait terutama pihak Dinsos Provinsi Babel untuk proaktif turun kelapangan.

"Melakukan jemput bola dan berkoordinasi dengan pihak terkait di Kabupaten dan Kota untuk mendapatkan data tersebut di dinsos kabupaten dan kota," saran Jumli kepada Bangkapos.com, Selasa (30/6/2020).

Jumli menambahkan, sama halnya dengan pihak dinsos kabupaten dan kota atau pihak terkait lainnya agar juga saling proaktif koordinasi, sehingga tidak saling menunggu dan mempertahankan ego sektoral masing-masing.

"Harapannya agar masyarakat tidak terus-terusan menunggu tanpa kunjung ada kepastian atau tidak terus menerus menjadi harapan tanpa kepastian," ungkapnya.

Selain itu, dia mengharapkan nantinya setelah ada kelengkapan data Pemprov Babel secepatnya untuk dibuatkan dasar hukumnya.

"Supaya persoalan Bansos ini tidak terus menerus menjadi kisruh di masayarakat, atau tidak semakin menjadi persoalan penentuan yang berkepanjangan di masyarakat. Ditambah lagi dengan persoalan Bansos terdampak Covid-19 baik BLT dana desa maupun BST di kota sampai saat ini juga masih menyisakan ke kisruhan sebagian masyarakat," harap Jumli.

Ketua DPRD Bangka Belitung Didit Srigusjaya
Ketua DPRD Bangka Belitung Didit Srigusjaya (Bangkapos.com/Ramandha)

BLT Pemprov Ngeri-Ngeri Sedap

DPRD Provinsi Bangka Belitung, saat ini masih menunggu terkait dasar hukum berupa peraturan Gubernur Bangka Belitung yang menyampaikan data-data warga berhak menerima bantuan sosial terdampak Covid-19 dari Pemerintah Provinsi Bangka Belitung.

Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung, Didit Srigusjaya, mengatakan, DPRD saat tidak hentinya mengingatkan terkait penyalurkan bantuan sosial harus benar-benar dikaji serta memiliki dasar hukum data penerima bantuan.

Halaman
123
Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved