Virus Corona di Bangka Belitung

Imunitas Tinggi Juga Dapat Terserang Covid-19, Ini Penjelasan Dokter KKP Bangka Belitung

Ternyata imunitas tinggi juga tidak menutup kemungkinan seseorang untuk terpapar covid-19.

Tribunnews.com
Virus Corona (Ilustrasi) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Banyak yang beranggapan jika imunitas tinggi tidak akan tertular covid-19, ternyata imunitas tinggi juga tidak menutup kemungkinan seseorang untuk terpapar covid-19.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang, dr Bangun Cahyo Utomo, mengatakan mestinya yang dengan imunitas tinggi juga dapat tertularkan.

"Imunitas tidak menjawab menularkan atau tidak menularkan, imunitas itu ketika kita kontak dengan orang covid-19 kita sudah memiliki daya tahan tubuh kan," kata Bangun kepada Bangkapos.com, Selasa (30/06/2020)

Dia menyebutkan, jika imunitas tinggi orang terpapar covid-19 tidak mudah drop.

"Kalau dia kontak dengan pasien covid-19 pasti tefap menularkan, jadi kuncinya tetap gunakan masker, jaga jarak, makanya protokol kesehatan betul-betul harus dilaksanakan," sebutnya

Menurutnya sistem imunitas tinggi ketika masuk dalam tubuh belum sempat menyerang tubuh oleh imunitas yang tinggi langsung diserang balik.

"Ketika imunitas tinggi, masuk dalam tubuh pasti akan dilawan oleh imun. Virusnya sudah kalah dengan imun yang dimiliki tersebut, ini yang disebutkan orang tanpa gejala (OTG) itu," ujarnya.

39 Kasus Positif Covid-19 di Babel Tidak Menularkan

Tidak terdeteksinya penularan covid-19 dari penderita positif ke orang yang berinteraksi erat dengan penderita tidak hanya terjadi pada kasus Temberan dan Toboali.

Dari 152 kasus yang terdata di seluruh Babel, ada 39 kasusnya juga tidak menularkan.

Halaman
123
Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved