INDIA-Jepang Bersatu Hadapi China, Buru Kapal Selam China di Samudra India

INDIA dan Jepang, dua negara yang diintimidasi tetangganya China menggelar latihan bersama di Samudra India, Sabtu (27/6/2020).

twitter
India Jepang Bersatu Hadapi China, Buru Kapal Selam China di Samudra India, Sekutu Quad Terbentuk? Kapal perang India dan Jepang berlatih bersama memburu kapal selam China di Samudra India 

BANGKAPOS.COM - INDIA dan Jepang, dua negara yang diintimidasi tetangganya China menggelar latihan bersama di Samudra India, Sabtu (27/6/2020).

Latihan ini dianggap penting bagi Angkatan Laut India mengingat Pasukan Bela Diri Maritim Jepang punya pengalaman langsung menghadapi agresi  kapal selam China yang diyakini bakal masuk ke Samudra India menentang dominasi India.

Kapal selam China diperkirakan akan masuk ke Samudra India bila pecah perang kedua negara setelah bentrok berdarah di perbatasan Lembah Galwan yang menewaskan 20 tentara India.

Duta Besar Tiongkok untuk India Sun Weidong mengatakan pasukan India bertanggung jawab atas bentrokan itu karena mereka telah "melewati Garis Kontrol Aktual" yang bertindak sebagai perbatasan de facto.

Namun Duta Besar India untuk Tiongkok Vikram Misri memperingatkan "riak dan dampak" dalam hubungan diplomatik karena China "berusaha mengubah status quo di darat dengan paksa".

Angkatan Laut India menurunkan INS Rana dan INS Kulish, sedangkan Pasukan Bela Diri Jepang mengerahkan dua kapalnya, JS Kashima dan JS Shimayuki.

"Tujuan dari latihan ini adalah untuk meningkatkan interoperabilitas antara kedua angkatan laut," kata seorang sumber seperti dilansir media India, tribune india.

Angkatan Laut India telah meningkatkan kewaspadaannya di Samudra India di mana armada kapal selam  Tiongkok diyakini sudah berkeliaran di Samudra India seperti juga di Laut China Selatan dan Laut China Timur.

"Kami meningkatkan pengawasan untuk melacak aktivitas China di kawasan Samudra India," kata seorang pakar militer.

Latihan ini merupakan indikasi terbaru bahwa memanasnya persaingan geopolitik di Samudra India dan Pasifik.

Halaman
1234
Penulis: tidakada002
Editor: ediyusmanto
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved