Breaking News:

Virus Corona

Masa Berlaku Rapid Test dan PCR Sekarang Sampai 14 Hari

Bukan Lagi 7 dan 3 Hari, Masa Berlaku PCR dan Rapid Test Kini Sampai 14 Hari

Bangkapos.com/deddy_marjaya
Polda Babel Gelar Rapid Test Massal di Alun-alun Taman Merdeka, 1 Orang Reaktif 

BANGKAPOS.COM - Jika sebelumnya masa berlaku metode pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) dan rapid test berbeda, yakni PCR berlaku selama 7 hari sedangkan rapid test 3 hari.

Sekarang masa berlaku itu kini telah diubah.

Perubahan masa berlaku terjadi karena aturan baru yang dikeluarkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, atas perpanjangan masa berlaku PCR dan rapid test selama 14 hari lamanya.

Aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran No 9 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) menuju masyarakat produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019.

Melalui Surat Edaran yang diterbitkan pada 26 Juni 2020 itu, Ketua Gugus Tugas Percepatan Covid-19, Letjen Doni Monardo menginstruksikan setiap individu yang melaksanakan perjalanan menggunakan kendaraan wajib menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Tak hanya itu, dalam surat itu juga tertulis kriteria dan persyaratan bagi setiap orang yang akan melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum baik melalui darat, udara, laut, hingga kereta api, wajib membawa hasil tes PCR atau rapid test yang berlaku selama 14 hari.

Lebih lanjut, berikut isi Surat Edaran No 9 poin F terkait kriteria dan persyaratan:

F. Kriteria dan Persyaratan

Kriteria dan persyaratan pada Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) diubah sehingga berbunyi:

1. Setiap individu yang melaksanakan perjalanan orang wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan sebagai kriteria perjalanan orang.
2. Persyaratan perjalanan orang dalam negeri:

Halaman
12
Penulis: tidakada001
Editor: fitriadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved