Berita Pangkalpinang

Pertumbuhan Ekonomi di Bangka Belitung Melemah,Ekspor Timah Kembali Dibuka, Ini Penjelasan Gubernur

Kembali berjalannya ekspor timah oleh delapan smelter yang telah direkomendasikan oleh Dinas ESDM Provinsi Babel

tribunnews
balok timah siap ekspor 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Kembali berjalannya ekspor timah oleh delapan smelter yang telah direkomendasikan oleh Dinas ESDM Provinsi Bangka Belitung bertujuan untuk membantu pertumbuhan perekonomian di Babel.

Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, mengatakan ini dilakukan karena bentuk dorongan pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi di Babel yang saat ini melemah, karena dampak Covid-19.

"Insyaallah ini merupakan dorongan instruksi pak presiden di tingkatkan ekspor recovery ekonomi kita permudahkan jangan banyak aturan yang menyulitkan pelaku ekonomi," jelas Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, di Kantor DPRD Babel, Selasa (30/6/2020).

Dia mengatakan, kondisi perekonomian Babel, saat ini sedang turun-turunya dari sebelum hingga masuknya virus corona.

"Waktu hanya PT Timah yang ekspor pertumbuhan ekonomi kita dari 5,01 turun menjadi 4,1 turun terakhir sebelum corona 3,6 setelah corona 2,4 atau 2,6. Ini mungkin sudah minus. Mungkin, jangan di tulis tanya BPS dulu," kata Erzaldi.

Selain itu, dia mengatakan khusus pertimahan nantinya Pemerintah Provinsi Bangka Belitung bersama dengan DPRD Provinsi Babel akan mengajukan judicial review terkait Undang-undang pertimahan yang baru.

"Ini bagian dari pada itu khusus pertimahan sehubungan dengan undang-undang baru, karena beberapa Provinsi sudah mengajukan judicial review dan kita harus bersama-sama DPRD," jelasnya.

Disinggung terkait pujian, yang datang dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Panjaitan, bahwa kualitas timah Babel menjadi incaran dan terbaik dunia, Erzaldi mengatakan, tentunya harus dikelola dengan efesiensi.

"Walau terbaik tentunya kalau dikelola kurang efesien bagaimana. Hilarisasi timah nanti koordinasi dengan Kemenhan,koordinasi Bapeten dan Batan dalam waktu dekat ada kunjungan dari kemenhan," kata Erzaldi. (Bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved