Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Layanan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pangkalpinang Dibuka, Batasi Kuota Pemohon Paspor

Setelah memberlakukan pembatasan pelayanan pencegahanCovid-19, saat ini Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Pangkalpinang kembali membuka pelayananan.

Bangkapos.com/Sela Agustika
Kepala Sub Seksi Teknologi dan Informasi Keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Pangkalpinang, Oky Syachputra 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Setelah memberlakukan pembatasan pelayanan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, saat ini Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Pangkalpinang kembali membuka pelayanan bagi masyarakat umum.

Kepala Sub Seksi Teknologi dan Informasi Keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Pangkalpinang, Oky Syachputra mengatakan kembali dibukanya pelayanan imigrasi ini berdasarkan Dasar hukum SE Dirjen Imigrasi No. IMI-GR 01-01-0946 Tahun 2020 tentang pelaksanaam tugas dan fungsi keimigrasian dalam masa tatanan baru normal baru.

"Untuk pelayanan Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Pangkalpinang sendiri saat ini sudah berjalan normal dan kita sudah mulai buka per-tanggal 15 juni 2020 tadi," ungkapnya.

Dibuka kembalinya pelayanan pada masa tatanan baru, pihak imigrasi menetapkan pembatasan kuota bagi pemohon paspor.

"Dari sebelum Covid kita sebanyak 70 orang, tetapi di era tatanan baru ini kita batasi kuotanya hanya 35 orang saja," jelas  Oky kepada bangkapos.com, Rabu (1/7/2020).

Dia menyebutkan, pembatasan tersebut masih merupakan upaya pencegahan persebaran Covid-19.

Diakuinya, berdasarkan data pelayanan pembuatan paspor saat ini belum pernah mencapai batas kuota.

"Mungkin sepinya pelayanan pembuatan paspor ini disebabkan karena ekonomi yang saat ini sedang melemah, belum lagi penerbangan yang juga sebagian ditutup dan masyarakat juga khawatir untuk bepergian,"tuturnya.

Selain itu, pihak imigrasi juga menerapkan protokol kesehatan selama melakukan pelayanan.

"Bagi pengunjung kita mewajibkan untuk menggunakan masker, cuci tangan, jaga jarak dan juga suhu tubuh harus dibawa 37 derajat," kata Oky.

Sementara itu, selama pandemi pihak kantor imigrasi juga melayani pengurusan paspor, namun hanya untuk keperluan penting.

"Kita juga membuka pelayanan selama pandemi, tetapi khusus untuk orang-orang yang bersifat urgen misalnya seperti sakit, keperluan dokter dan keperluan lainnya yang sifatnya penting," ungkap Oky.

(Bangkapos.com/Sela Agustika)

Penulis: Sela Agustika
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved