Psikologi

Pandemi Covid-19 Bikin Anak Stress karena di Rumah Saja, Ini Saran Psikolog Kepada Orangtua

Kondisi lingkungan atau kondisi di rumah terus yang mengakibatkan anak menjadi mudah tertekan dan akhirnya mengalami stress

IST/Siska
Biro Psikologi Q-tha sekaligus Dosen Konseling Pendidikan Islam IAIN SAS Bangka Belitung, Siska Dwi Paramitha 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Psikolog sekaligus Dosen Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) IAIN SAS Bangka Belitung, Siska Dwi Paramita

"Usia anak-anak sebenarnya jarang sekali mengalami tekanan atau beban pikiran karena mereka sosok individu yang secara umum belum benar-benar memahami konsep permasalahan yang harus dipikirkan hingga menjadi beban dalam kehidupan," ujar Siska, Rabu (1/6/2020).

Lebih lanjut, ia mengatakan sebenarnya dengan kondisi saat ini, bukan hanya pandemi secara umum yg membuat anak kecil mengalami tekanan.

Namun kondisi lingkungan atau kondisi di rumah terus yang mengakibatkan anak menjadi mudah tertekan.

"Hal ini disebabkan karena banyaknya aturan-aturan yang mereka dapatkan saat berada 24 jam dirumah bersama orangtua dan saudara. Apalagi jika kondisi keluarga kurang harmonis maka ini semakin membuat anak menjadi tertekan," kata Siska.

"Saat anak bisa bersekolah seperti biasa atau bermain diluar rumah jelas anak akan merasa enjoy dengan aktifitas mereka," katanya.

"Namun bukan berarti di rumah mereka tidak bisa menikmati suasana tenang hanya terkadang aturan-aturan yang berlebihan dan terkadang menjurus ke kekangan itu yang membuat mereka merasa tertekan," lanjutnya.

Ia memberikan saran untuk orangtua ada baiknya, jika membuat aturan di rumah tentunya harus disepakati bersama-sama.

Serta aturan yang dibuat harus berlaku untuk semua orang yang berada di dalam rumah. Buat anak enjoy di rumah dengan aktivitas yang variatif dan tidak monoton.

"Keberadaan orangtua atau keluarga secara utuh lebih dibutuhkan saat berada di dalam rumah, bukan justru anggota keluarga sibuk dengan kegiatan masing-masing,"tutur Siska.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved