Breaking News:

Berita Pangkalpinang

PN Pangkalpinang Akan Hadirkan Saksi Perkara Pembuat Batako Berbahan Zirkon

Terdakwa tersangkut masalah mengenai jual beli pasir tailing (sisa biji timah). Lalu membuat usaha batako dengan modal Rp 5 Miliar untuk membeli bahan

(Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)
Suasana sidang di Pengadilan Negeri (PN) Kota Pangkalpinang. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pengadilan Negeri (PN) Pangkalpinang hari ini akan menggelar sidang dengan terdakwa Syamsul Arifin atas tindak pidana mineral dan batubara, Rabu (1/07/2020).

Terdakwa tersangkut masalah mengenai jual beli pasir tailing (sisa biji timah). Lalu membuat usaha batako dengan modal Rp 5 Miliar untuk membeli bahan baku seperti monasit, zircon dan eliminit.

Atas tindakannya tersebut kini terdakwa dijadwalkan, untuk mengikuti sidang dengan agenda sidang pemeriksaan saksi.

Lebih lanjut dalam agenda PN Pangkalpinang tak hanya sidang terdakwa Syamsul saja, namun terdapat 18 agenda sidang lainnya yang akan digelar oleh PN Pangkalpinang.

Sidang tersebut dibagi oleh empat ruang sidang yang tersedia di PN Pangkalpinang, yaitu diantaranya ruang Garuda untuk perkara korupsi, tirta untuk pidana umum, cakra untuk perdata dan Kartika untuk sidang khusus anak dibawah umur.

Dalam sidang sebelumnya yang dilansir oleh bangkapos.com dengan judul "WNA Taiwan Modali Syamsul, Ubah Mineral Ikutan Timah Jadi Batako Dikirim ke Cina"

Terdakwa Syamsul Arifin harus menjalani sidang tindak pidana mineral dan batubara, di Pengadilan Negeri (PN) Kota Pangkalpinang, Senin (29/06/2020).

Terdakwa ditangkap usai membuka pengolahan batako yang mengandung bahan monazite, Ileminite dan zircon di jalan Simpang Payung, Desa Air Bara, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan.

Atas tindakannya tersebut terdakwa kini harus menjalani sidang, dengan agenda pembacaan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) Erni Yusnita.

Dalam dakwaannya diketahui saat pemeriksaan oleh anggota Dit Reskrimsus Polda Bangka Belitung, ditemukan delapan karung monasit dengan berat 392 Kg, 11 buah batako monasit serta beberapa alat yang digunakan dalam untuk pembuatan batako yang mengandung monazite, ileminite dan zircon.

Halaman
12
Penulis: Rizki Irianda Pahlevy
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved