Berita Pangkalpinang

Sejak 19 Maret Ditutup, Museum Timah Indonesia akan Dibuka Kembali Tanggal 8 Juli 2020

Kepala Museum Timah Indonesia Pangkalpinang, Muhammad Taufik mengatakan, museum timah akan dibuka kembali pada Rabu (8/7/2020) nanti.

Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Museum Timah Indonesia Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Sejak tiga bulan kemarin Museum Timah Indonesia yang satu-satunya berada di Bangka Belitung itu seperti kehilangan gairahnya, tanpa dikunjungi satupun wisatawan, masyarakat lokal, atau bahkan mahasiswa yang sedang melakukan penelitian.

Pihak museum sengaja menutup kunjungan museum sejak 19 Maret lalu demi mengikuti peraturan pemerintah, dan menghindari penyebaran Covid-19.

Namun jelang penerapan new normal saat ini Museum Timah sedang melakukan beberapa persiapan untuk dibuka kembali minggu depan.

Kepala Museum Timah Indonesia Pangkalpinang, Muhammad Taufik mengatakan, Museum Timah akan dibuka kembali pada Rabu (8/7/2020) nanti.

"Saat ini kita dalam persiapan untuk buka bagi pengunjung  museum yang kita rencanakan akan buka bersamaan dengan MTI Muntok tanggal 8 Juli 2020 nanti," kata Taufik kepada Bangkapos.com, Rabu (1/7/2020).

Kepala Museum Timah Indonesia Pangkalpinang, Muhammad Taufik
Kepala Museum Timah Indonesia Pangkalpinang, Muhammad Taufik (Ist/M Taufik)

Dia menyebutkan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan sarana dan perlengkapan protokol kesehatan bagi pengunjung dan guide museum.

"Pengunjung harus cuci tangan, menggunakan masker, cek suhu tubuh serta tetap menjaga jarak, harus tetap dengan protokol kesehatan seperti pada umumnya," sebutnya

Sejak terpaksa tutup selama tiga bulan terakhir, ramainya pengunjung yang biasanya memenuhi museum sangat dirindukan Taufik, kini museum sepi hanya dilakukan beberapa perawatan saja oleh pengurus.

"Sejak diberlakukan penutupan bagi pengunjung tentunya kami merasa sangat sepi dari keramaian pengunjung. Namun sesama komunitas museum kami tetap berkoordinasi dengan pengelola museum di tanah air," jelas Taufik.

Kerajinan timah di museum timah
Kepala Museum Timah Indonesia Pangkalpinang, Muhammad Taufik kerajinan timah di Museum Timah (PT Timah Tbk)

Dia berharap, agar kedepannya museum bisa kembali bergairah seperti dulu lagi, dipenuhi pengunjung dari beberbagai daerah serta mahasiswa yang sedang melakukan proses penelitian.

"Kami berharap kedepannya pengunjung atau wisatawan tetap banyak datang ke Museum Timah Indonesia, seperti dulu lagi," kata Taufik.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved